Bagikan:

JAKARTA - Pemprov DKI Jakarta menyiapkan ribuan kantong parkir di sekitar kawasan Monumen Nasional (Monas) untuk pengunjung yang akan menghadiri rangkaian acara peringatan HUT ke-78 RI.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo menyebut terdapat 32 titik lokasi parkir yang disediakan.

"Terdapat 32 titik lokasi parkir untuk menunjang rangkaian kegiatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-78 di sekitar tempat acara dengan satuan ruang parkir (SRP) sebanyak 3.804 SRP untuk mobil dan 6.324 SRP untuk motor," kata Syafrin dalam keterangannya, Rabu, 16 Agustus.

Selama Hari Kemerdekaan esok hari, kebijakan sistem ganjil genap pada 26 ruas jalan di Ibu Kota ditiadakan. Lalu, terdapat juga rekayasa rute layanan Transjakarta di sekitar monas.

Pada rute Blok M-Kota (koridor 1), bus Transjakart arah utara (Harmoni) menuju ke arah selatan (Blok M) dialihkan melalui Jalan Suryopranoto- Jalan Balikpapan-Jalan Cideng Timur- Jalan Cideng Barat-Jalan Jatibaru Raya-Jalan Kebon Sirih-Jalan M.H. Thamrin dan seterusnya.

Sementara, pada Transjakarta dari arah Selatan (Blok M) menuju ke arah utara (Harmoni) dialihkan melalui Jalan Budi Kemuliaan-Jalan Abdul Muis-Jalan Majapahit sisi Barat dan seterusnya.

Lalu, bus reguler dan bus wisata dengan rute Pulo Gadung-Monas, Kalideres Monas, Pulo Gadung-Rawa Buaya, Juanda-Bundaran HI, Monas-JIExpo, Jakarta Modern, Pencakar Langit, Monas-PIK dialihkan melalui Jalan Ir. H. Juanda- Kalideres-Monas Jalan Majapahit-Jalan Medan Merdeka Barat dan seterusnya.

Dalam peringatan HUT ke-87 RI esok hari, pemerintah pusat menggelar upacara di Istana Merdeka, sementara Pemprov DKI Jakarta menggelar upacara di Monumen Nasional. Upacara juga digelar di kantor instansi dan lembaga masing-masing.

Kemudian, kirab bendera pusaka HUT ke-78 RI pada pagi hari akan dimulai pukul 08.30 WIB sampai dengan pukul 09.30 WIB dengan rute kirab dari Monas-Silang Monas Barat Daya-Jalan Medan Merdeka Barat sisi Timur-Jalan Medan Merdeka Utara sisi Utara (Istana Negara).

Sementara, kegiatan kirab bendera pusaka pada sore hari akan dimulai pukul 16.30 WIB sampai dengan pukul 17.30 WIB dengan rute kirab dari Jalan Medan Merdeka Utara sisi Utara/Istana Negara-Silang Monas Barat Laut-Monas.

Pada malam harinya, digelar acara Gemilang Silang Monas Pukul 15.30 WIB sampai dengan 22.00 WIB di Monas. Kegiatannya mulai dari video mapping, pertunjukan seni budaya, konser musik, drama komedi, pertunjukan kembang api, hingga bazar kuliner.

Berikut 32 titik lokasi kantong parkir yang tersedia selama Hari Kemerdekaan:

1. IRTI Monas

2. Stasiun Gambir

3. Kantor Grapari Telkomsel

4. Kantor STO Gambir

5. Kantor Danareksa

6. Wisma Antara

7. Gedung JB Tower

8. Hotel Mercure

9. Gedung Kantor Shopee

10. Kantor Indosat

11. Kantor Pusat Pertamina

12. Masjid Istiqlal

13. Hotel Borobudur

14. Lapangan Banteng Sisi Selatan

15. Lapangan Banteng Sisi Timur

16. Gereja Katedral

17. Kantor Pos

18. Terminal Parkir Elektonik JI. Juanda Raya

19. Kawasan Ruko Plaza Majapahit

20. Kantor PT Berdikari

21. D'cost Resto

22. Indomaret

23. Gedung KONI

24. JI. Tanah Abang 1 (Parkir Resmi)

25. Showroom Kawasaki

26. Kantor PT. Sarana Majukan Ekonomi

27. Kantor Fajar Paper

28. Kantor Elektrolux

29. Kantor DPP Perind

30. Wisma BSG

31. Kantor PT Indolexco

32. Depan Ruko JI. Tanah Abang I