Bagikan:

JAKARTA - Rusia dan China mempertahankan komunikasi antara militer kedua negara pada tingkat tinggi dan melakukan latihan bersama di darat, laut dan udara, kata Menteri Pertahanan Sergei Shoigu, memuji hubungan baik kedua negara.

"Kami mempertahankan kontak pada tingkat tinggi, bertukar delegasi, melakukan latihan bersama dan latihan tentang tentang patroli bersama kami di darat, laut dan udara," katanya dalam pertemuan dengan Menteri Pertahanan Tiongkok Li Shangfu di sela-sela Konferensi Moskow ke-11 tentang Keamanan Internasional, melansir TASS 15 Agustus.

Lebih lanjut Menhan Shoigu mencatat, kerja sama dengan Tiongkok dikembangkan secara bilateral maupun dalam format multilateral, seperti Organisasi Kerja Sama Shanghai (SCO) dan ADMM-Plus (Pertemuan Menteri Pertahanan ASEAN Plus).

"Rusia dan Tiongkok adalah mitra strategis, tetangga yang baik dan teman dekat," sebutnya.

"Selama kunjungan Presiden Tiongkok Xi Jinping ke Rusia pada Bulan Maret ini, para pemimpin kedua negara menegaskan kemitraan komprehensif dan kerja sama strategis Rusia-Tiongkok, telah mencapai titik tertinggi yang pernah ada dalam sejarah hubungan bilateral. Kami mengimplementasikan kesepakatan para pemimpin kami dalam praktiknya," urainya.

Dalam kesempatan itu, Menhan Shoigu berterima kasih Menhan Li, karena Beijing telah mengambil bagian dalam konferensi keamanan Moskow."

Menhan Shoigu juga mencatat, Tiongkok secara tradisional aktif ambil bagian dalam forum internasional Angkatan Darat.