12.429 Warga Jayapura Derita ISPA, Kasus Terbanyak di Sentani
Ilustrasi. Pasien gangguan penafasan akibat paparan kabut asap dirawat di Rumah Oksigen RSUD Doris Sylvanus, Palangka Raya, Kalteng, Rabu 18 September 2019. (Antara- Hafidz M A)

Bagikan:

JAYAPURA - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Jayapura mencatat sekurangnya 12.429 warga setempat mengalami Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) dalam enam bulan terakhir.

Sekretaris Dinkes Kabupaten Jayapura Edward Sihotang mengatakan, pihaknya mencatat ISPA yang tertinggi di wilayah Sentani mencapai 3.031 kejadian dan kejadian Distrik Unurum Guay 1.060 kasus.

"Jadi kami mengintervensi itu dengan memberikan asupan gizi bagi masyarakat seperti memberikan vitamin kepada balita dan ibu hamil saat posyandu," katanya di Jayapura, Papua, Kamis 10 Agustus, disitat Antara.

Menurut Sihotang, pihaknya telah memberikan peringatan kepada untuk puskesmas di Kabupaten Jayapura agar melakukan promosi supaya peningkatan kasus ISPA tidak meningkat apalagi saat perubahan iklim El Nino yang diprediksikan puncak kemarau pada Agustus-September 2023.

"Kondisi yang terjadi bukan hanya terkait situasi lingkungan tetapi faktor penyebab ISPA memang cukup besar seperti perubahan iklim El Nino di mana suhu udara menjadi sangat panas sehingga bakteri mudah masuk ke pernapasan," ujarnya.

Dia menjelaskan pihaknya akan terus memantau dengan memberikan edukasi dan melakukan pengobatan dengan tepat kemudian layanan kesehatan lingkungan.

"Terutama di distrik-distrik yang kasus ISPA masih cukup tinggi seperti Unurum Guay, Yapsi dan Sentani Timur di mana masih di angka seribu," katanya lagi.

Dia menambahkan selain ISPA ada beberapa hal yang dikhawatirkan saat perubahan iklim El Nino seperti stunting karena akan mengganggu ketahanan pangan sehingga angka stunting bisa meningkat.

"Sehingga kami telah mengeluarkan surat edaran terkait pemberian makanan tambahan agar digencarkan dilakukan pada periode Juli-September 2023," tandasnya.