Viral Foto Bocah Bermasker Lusuh yang Tinggal di Gubuk Karangasem Bali
Foto bocah mengenakan masker bersama neneknya di gubuk Karangasem Bali (Instagram andy_k_wy)

Bagikan:

DENPASAR - Foto seorang bocah laki-laki mengenakan masker lusuh di Bali banyak dibagikan di media sosial. Juru foto hendak menyampaikan pesan mengenai ketaatan protokol kesehatan di tengah kondisi serba kekurangan.

Foto ini diambil oleh Andy Karyasa Wayan yang bergerak di Yayasan Relawan Bali. Andy mengambil foto anak kecil ini di Jungutan Karangasem, Bali pada Sabtu, 30 Januari.

“Sebenarnya foto itu tidak ada cerita apa-apa. saya post sesuai di postingan hanya sebagai contoh ‘adik kecil ini orang nggak mampu tapi berjuang taati aturan yang ada,” kata Andy dihubungi VOI, Senin, 1 Februari.

Kebetulan, Andy pernah menemui nenek bocah ini yang tinggal di gubuk. Andy lewat Yayasan Relawan Bali ingin membuatkan rumah untuk nenek dan keluarganya.

“Anak itu adalah cucunya yang kebetulan memang diajak di sana karena ayahnya kerja, sementara ibunya ada gangguan mental,” ujarnya.

Andy menegaskan tak ada maksud apa pun dari postingannya ini selain ingin menunjukkan ketaatan warga di lokasi terpencil sekalipun untuk protokol kesehatan.

“Postingan saya tidak ada arah atau kaitan ke apa pun apalagi soal pandemi. Saya hanya menulis tentang ketaatan orang kampung dengan kesederhaannya, hanya itu saja,” sambung dia. 

Foto bocah mengenakan masker bersama neneknya di gubuk Karangasem Bali (Instagram andy_k_wy)

Postingan di akun Instagram andy_k_wy ini mengundang simpati banyak warganet. Mereka banyak menanyakan alamat lengkap hingga mengutarakan niatnya memberikan bantuan kepada bocah dan keluarganya.

Dijelaskan Andy, kondisi gubuk nenek yang tinggal bersama bocah laki laki bermasker lusuh itu memang sangat memprihatinkan.

“Selain deket pintu banyak duri salak, pintu dan dapur juga sangat kecil rasanya tak berani saya masuk (takut kena duri atau ambruk). Tapi memang disanalah nenek masak bahkan kadang tidur juga disana ketika ingin lebih hangat krna dekat perapian,” tuturnya.