Bule Rusia yang Foto dengan Pose Celana Melorot di Gunung Agung Dideportasi dari Bali
Pria warga negara Rusia berinisial IC (24) yang viral gara-gara foto berpose celana melorot di Gunung Agung, Karangasem dideportasi dari Bali.

Bagikan:

BADUNG - Pria warga negara Rusia berinisial IC (24) yang viral gara-gara foto berpose celana melorot di Gunung Agung, Karangasem dideportasi dari Bali.

"Sebelumnya, IC viral di media sosial karena berfoto tidak senonoh saat berada di puncak Gunung Agung dan mengunggahnya di media sosial," kata Kantor Imigrasi Kelas l Khusus  Ngurah Rai, Sugito, Rabu, 5 April.

Bule Rusia ini tinggal di kawasan Canggu, Kuta Utara, Badung. Bule ini dipanggil ke kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai.

Dari pemeriksaan, diketahui bule ini masuk ke Bandara I Gusti Ngurah Rai pada 12 Februari 2023 dengan Visa on Arrival (VoA).

Gara-gara ulahnya berfoto dengan celana dilepas di puncak Gunung Agung, bule ini harus mengikuti prosesi hukum adat sebelum dideportasi.

Prosesi upacara pembersihan atau Ngerapuh dilakukan pada Minggu, 2 April di Pura Pengubengan Besakih Kabupaten Karangasem, Bali. Bule ini bersujud meminta maaf kepada Bhatara Gunung Agung.

Setelahnya, bule ini dideportasi dari Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali pada Selasa, 4 April menuju negaranya menggunakan maskapai Emirates.

"Untuk biaya deportasi seluruhnya menjadi tanggungan yang bersangkutan. Dia telah melakukan pelanggaran keimigrasian sebagaimana Pasal 75 Ayat (1) Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2011 tentang keimigrasian, dan terhadap yang bersangkutan namanya akan dicantumkan dalam daftar penangkalan," ujar Sugito.