Bagikan:

PEKALONGAN - Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Tengah (Jateng) inisiasi pembangunan Monumen Hoegeng di Kota Pekalongan.

Wakil Kepala Polda Jateng Brigadir Jenderal Pol. Abioso Seno Aji mengatakan upaya itu untuk mengenang sikap teladan mantan Kapolri Jenderal Hoegeng Imam Santosa saat menjalankan tugas di kepolisian.

"Alhamdulillah lokasi untuk pembangunan monumen sangat memadai dan layak didirikan di sini. Tentu, kami hadir disini juga tidak lupa mohon doa restu pada Pemkot Pekalongan dan para tokoh setempat," kata Abioso saat meninjau lokasi rencana pembangunan Monumen Hoegeng di Pekalongan, Selasa 1 Agustus, disitat Antara.

Dia bilang, dipilihnya Kota Pekalongan sebagai lokasi pembangunan patung monumen tersebut, karena berdasar catatan sejarah Jenderal Hoegeng lahir dan sempat berkarir di Kota Pekalongan.

"Oleh karena itu, hal ini menjadi suatu kebanggaan bagi masyarakat Kota Pekalongan khususnya dan Indonesia pada umumnya," ujarnya.

Pemerhati sejarah asal Kota Pekalongan Dirhamsyah mengatakan, mantan Kapolri Hoegeng dilahirkan dan memulai karir di kepolisian di Pekalongan. Dia pun mengatakan, Polda Jateng layak membangun monumen tersebut di daerah ini.

"Mantan Kapolri Hoegeng patut dicontoh oleh para personel kepolisian dan masyarakat terhadap sikap disiplin dalam bertugas dan keteladanan dalam menegakkan hukum," imbuhnya.