RI-Jepang Teken MoU Percepatan Penempatan Pekerja Indonesia Magang di Negeri Sakura
Ilustrasi. Pekerja Jepang yang memiliki budaya disiplin memenuhi jalan dari dan menuju kantor. (Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) RI dan Pemerintah Prefektur Miyagi, Jepang, sepakat menjalin kerja sama percepatan penempatan dan penerimaan pemagangan teknis. Utamanya pekerja berketerampilan spesifik dan teknisi asal Indonesia.

Kesepakatan tersebut ditandai dengan penandatanganan memorandum of cooperation (MoC) oleh Sekretaris Jenderal Kemnaker, Anwar Sanusi dan Gubernur Prefektur Miyagi, Yoshihiro Murai di Jakarta pada Jumat 28 Juli.

"Semoga pelaksanaan MoC ini berjalan secara efektif dan efisien," ujar Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah di Jakarta, Jumat 28 Juli, disitat Antara.

Dalam kesempatan itu, Menaker menginstruksikan kepada pejabat terkait di Kemnaker RI agar bertindak cepat dan sigap untuk menyelesaikan MoC ini.

Menaker menyampaikan, saat Presidensi G20 India bertemu dengan Menteri Kesehatan, Tenaga Kerja, dan Kesejahteraan Jepang, Katsunobu KATO. Dalam pertemuan tersebut kedua pihak sepakat untuk mempererat hubungan antara Indonesia dan Jepang.

"Saya kira pertemuan kita pada hari ini melalui penandatanganan MoC ini adalah bagian dari upaya kita mempererat hubungan Indonesia dan Jepang," tandasnya.