Percepat Proses Vaksinasi, Panglima TNI Kerahkan 9.176 Vaksinator
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto (dok. Setkab)

Bagikan:

JAKARTA - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengatakan pihaknya siap mendukung program vaksinasi nasional. TNI bahkan telah menyiapkan 9.176 personel dari satuan medis untuk menjadi vaksinator.

"TNI sudah siapkan tenaga kesehatannya sebanyak 9.176 vaksinator dari anggota TNI," ucap Hadi dalam webinar 'Vaksin Covid-19 untuk Indonesia Bangkit', Sabtu, 30 Januari.

Tentunya ribuan personel itu merupakan orang-orang yang memiliki kemampuan di dunia kesehatan. Selain itu, sebanyak 345 perwakilan dari ribuan personel itu sudah mengikuti proses training of trainer (ToT) vaksinasi COVID-19 secara dari dan tatap muka.

Bahkan, untuk menyukseskan proses vaksinasi sekitar 164 orang perwira TNI prajurit karir khusus tenaga kesehatan sudah dilantik pada pekan ini. Mereka bakal diterjunkan langsung sesuai keahlian masing-masing.

"Dengan kekuatan (personel) ini (diharapkan) akan mempercepat pencapaian target pemerintah dalam program vaksinasi nasional," ungkap Hadi.

Lebih jauh, Hadi menyebut sebanyak 91.817 personel TNI dikerahkan untuk menjaga dan mengawasi masyarakat agar menerapkan protokol kesehatan. Mereka disebar ke seluruh Indonesia untuk ikut berupaya menekan angka penyebaran COVID-19.

"Operasi penegakkan disiplin prokes di 34 provinsi di seluruh Indonesia, TNI telah mengerahkan personel sebanyak 91.817," tandas dia.