Kominfo Akan Bangun 7.904 BTS 4G untuk Dukung Pemulihan Sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif
Ilustrasi. (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Direktur Utama BAKTI Kementerian Komunikasi dan Informatika Anang Latif berujar pihaknya sedang menyiapkan untuk pengadaan sinyal 4G di seluruh pelosok Indonesia. Tujuannya tak lain untuk mendukung sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di seluruh Indonesia.

Menurut Anang, di 2021 ini pihaknya merencanakan untuk membangun 7.904 BTS 4G di seluruh wilayah Indonesia. Adapun, fokus pembangunan akan dilakukan di wilayah timur Indonesia.

"Ini porsi di kawasan bagian timur menjadi yang paling besar atau mencapai 65 persen. Kita akan pastikan konektivitas ini akan selesai," katanya, dalam webinar, Kamis, 28 Januari.

Selain itu, Anang menjelaskan pemerintah memang sedang meningkatkan kualitas telekomunikasi saat ini di seluruh daerah wisata Indonesia. Terutama kualitas telekomunikasi di lima daerah super prioritas (DSP).

Lebih lanjut, Anang mengakui bahwa beberapa daerah di lima DSP ada yang belum memiliki kualitas telekomunikasi yang baik. Padahal, ini dibutuhkan untuk menarik minat wisatawan domestik maupun mancanegara.

"Di Danau Toba kualitas telekomunikasi ini sudah bintang 4 artinya sudah baik, Borobudur bintang 5 sudah sangat baik, Mandalika bintang 4, Labuan Bajo ini masih bintang 3 karena daerah perbukitan," tuturnya.

Anang menjelaskan, salah satu penyebab jaringan telekomunikasi di Labuan Bojo tidak sebaik daerah lain adalah bentuk geografis wilayahnya yang cenderung berbukit. Sehingga, diakuinya menjadi kendala.

"Jadi agak sulit untuk menjangkaunya dan Likupang masih bintang dua. Nah target 2021 ini semua harus punya kualitas bintang 5," ucapnya.