Viral Video <i>Gancet</i> Pasangan Berpelukan tak Bisa Dilepas di Sumut, Cek Faktanya
Unsplash/Ilustrasi

Bagikan:

MEDAN - Viral video yang menujukkan pria dan wanita Sumatera Utara, tidak bisa lepas saat berpelukan. Narasi yang disematkan dalam video, diduga keduanya sedang bercumbu.

Peristiwa yang kerap disebut gancet ini terjadi di Kecamatan Tanjung Tiram, Kabupaten Batu Bara, Sumatera Utara, Rabu 27 Januari. Dalam video tampak ke duanya diamankan oleh polisi ke mobil bak terbuka. 

Masyarakat sekitar pun heboh mereka menduga pria dan wanita itu sedang bercumbu.

"Ado ado ajo jaman sekarang ini, tidak bisa lopas bergempe-gempet uwang gilo (ada-ada saja zaman sekarang ini, tidak bisa lepas, berdempet, orang gila),"ujar akun yang memposting video itu.

Kapolsek Labuhan Ruku, AKP Jagani Sijabat membantah narasi yang menyebut keduanya bercumbu. Keduanya mengenakan pakaian lengkap. Jagani juga mengatakan keduanya orang yang memiliki gangguan jiwa.

"Itu kan tadi malam, kita melaksanakan patroli yaudah orang gila ini, perempuan sama laki-laki berdualah sama sama gila, berpegangan (tangan). Setelah ramai manusia, mereka ketakutan, berpelukan," ujar Jagani kepada wartawan, Kamis 28 Januari. 

Untuk menjaga situasi, polisi membawa keduanya ke Mapolsek Labuhan Ruku untuk kemudian dipulangkan ke keluarganya.

"Dua duanya gila kami bawa ke Polsek, dia lalu kita cari keluarganya, kita kembalikan ke keluarganya yang perempuan. (Lalu) Yang laki-laki itu kita kasih makan ganti bajunya, mandi kita suruh pulang dia," ujar Jagani.