ICE Apeksi 2023 Dibuka, Libatkan 123 Stand dari Seluruh Indonesia
ICE Apeksi 2023 dibuka resmi. (IST)

Bagikan:

MAKASSAR - ICE Apeksi 2023 digelar di Kota Makassar. Even ini melibatkan 128 stand pameran yang berasal dari kota-kota di seluruh Indonesia.

Ketua Apeksi yang juga merupakan Wali Kota Bogor Bima Arya mengatakan semua kota mungkin mau menjadi tuan rumah, namun tidak semua mampu melaksanakannya. "Karena tidak semua kota mempunyai ruang publik, lapangan, atau venue dan Makassar punya itu semua. Makassar itu beruntung punya Pak Danny, karena selalu punya opsi untuk acara-acara besar,” kata Bima Arya, pada acara pembukaan, Rabu 12 Juli.

"Ini adalah perencanaan pembangunan, ini adalah program-program, dan ini adalah well design dari Pak Wali Kota, baik Pak Danny dan wali kota sebelumnya. Jadi ini pelajaran bagi kita semua, bahwa menjadi tuan rumah bukan hanya sekedar kemauan, tetapi juga kemampuan dan itu perlu perencanaan yang panjang,” lanjut Bima Arya.

"Pemimpin tidak hanya berbicara masalah canggih dan tatanan makro, tetapi juga tatanan mikro. Dan apa yang kita alami di Makassar merupakan gambaran tersebut, struktur yang besar, ruang publik yang sangat bersahabat dan ditunjang dengan kemampuan untuk mengorganisir acara sangat teknis sekali," puji Bima Arya.

Tak Hanya Pameran

Sementara itu Wali Kota Makasaar Moh. Ramdhan Pomanto mengatakan even ini bukan hanya pameran, ada juga acara seni budaya, atraksi laut dan gala dinner. "Mudah-mudahan cuaca mendukung terlaksananya acara ini. Semoga ICE Apeksi 2023 ini bukan hanya berbicara masalah pameran, tetapi juga menjadi ajang share and care. Jadi kita sama-sama peduli tentang Indonesia dan cara share inovasi kita,” tutur Wali Kota Makassar.

Ketua Apeksi Bima Arya dan Wali Kota Makassar Danny Pomanto pada acara pembukaan ICE Apeksi 2023. (IST)
Ketua Apeksi Bima Arya dan Wali Kota Makassar Danny Pomanto pada acara pembukaan ICE Apeksi 2023. (IST)

Danny Pomanto juga berharap agar ICE ini menjadi kegiatan terbaik. "Saya melihat banyak sekali stand dari berbagai macam produk, salah satunya produk Smart City Kota Makassar tentang bagaimana meningkatkan PAD dengan sistem smart city,"ujarnnya Donny Pomanto.

Sedangkan Windu Wijaya Direktur Kinarya Cipta Kreasi menyampaikan kepada Ketua Apeksi dan Seluruh Wali Kota di indonesia, pelaksanaan Indonesia City Expo (ICE) ini akan diselenggarakan selama 4 hari dan melibatkan 128 stand pameran yang berkesempatan mengikuti pameran pada tahun ini.

"Kota Makassar memang bukan kota biasa, tetapi Makassar adalah Kota yang luar biasa. Terima kasih kepada seluruh wali kota yang telah mensupport kami, dengan venue yang telah disiapkan di pinggir pantai tentunya ini menjadi sesuatu yang luar biasa juga,” kata Windu.

"Segala dukungan dari seluruh jajaran Apeksi, seluruh wali kota, khususnya kepada tuan rumah ICE Apeksi 2023, dan terima kasih juga kepada Kadis Kebudayaan Kota Makassar yang telah menyiapkan Panggung Seni Budaya ini,” ucapnya.

Direktur Eksecutive Apeksi Alwis Rustam mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kota Makassar yang telah melakukan kerjasama dengan Kinarya Cipta Kreasi dalam penyelenggaraan ICE Apeksi 2023. "Mudah-mudahan ICE kali ini bisa menginspirasi dan saya yakin akan dihitung oleh pak Windu nantinya. Bukan hanya transaksi dari Dekranasda, dari produk-produk UMKM setiap kota, tetapi juga dari seluruh kontribusi pekerja, tim kreatif, budayawan, seniman, dan lain-lain,” tuturnya.