Jenis Nikel di Indonesia dan Produk Olahannya, Hasil Tambang yang Menjadi Incaran Dunia
Ilustrasi bijih nikel. (Antara)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Nikel merupakan salah satu sumber daya alam hasil tambang yang banyak dimanfaatkan pada berbagai sektor kehidupan. Indonesia menjadi termasuk negara penghasil nikel terbesar di dunia. Lantas apa saja jenis nikel di Indonesia?

Sampai saat ini nikel masih mendominasi sebagai bahan pembuatan stainless steel. Pencarian dan pengolahan nikel pun semakin meningkat seiring dengan tren penggunaan kendaraan listrik. Permintaan hasil bumi ini pun kian melejit karena dibutuhkan untuk pembuatan kendaraan listrik dan baterainya. 

Banyaknya harta karun nikel di Indonesia menjadi keuntungan tersendiri dan daya tawar bernilai tinggi. Cadangan bijih nikel RI berjumlah mencapai 4,5 miliar ton, berdasarkan Booklet Nikel 2020 yang dirilis Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Apa saja jenis nikel di Indonesia?

Apa Itu Nikel?

Nikel merupakan hasil bumi yang berwujud logam mineral berwarna dasar putih keperakan, mengkilap, sedikit keemasan dan cukup keras. Nikel murni memiliki tekstur bubuk dengan reaksi kimia yang lebih pekat serta bersifat mudah bereaksi dengan udara suhu normal.

Dari lima unsur logam yang paling banyak terdapat di kerak bumi, nikel adalah salah satunya. Sebagai logam, nikel dapat menghantarkan listrik atau konduktor panas yang berfungsi baik. Itulah mengapa nikel menjadi salah satu bahan dasar pembuatan baterai ponsel. 

Jika dilihat dengan mata telanjang, bentuk nikel tampak seperti bongkahan batu biasa yang ada tetapi dengan warna emas putih, perak, dan sedikit keemasan dan cukup kasar. Cadangan nikel di Indonesia masuk urutan ke-6 terbesar di dunia. 

Apa Saja Jenis Nikel di Indonesia?

Sebagai negara yang memiliki cadangan nikel terbesar, terdapat beberapa jenis nikel di Indonesia. Nikel dapat dibagi menjadi dua jenis bijih endapan yang ditemukan di lokasi yang berbeda. Berikut ini dua jenis nikel tersebut.

  • Endapan Sulfida Magmatik
  • Endapan Laterit

Indonesia juga memiliki sejumlah produk olahan nikel, di antaranya:

  • NPI (nickel pig iron)
  • Feronikel
  • Stainless Steel
  • MSP (mixed sulphide precipitate)
  • Ni-matte
  • MHP (mixed hydroxide precipitate)

Demikianlah ulasan jenis nikel di Indonesia yang banyak dicari oleh dunia. Sumber daya nikel di Indonesia tersebar di berbagai daerah di bagian timur, seperti Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Maluku Utara, dan lainnya. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.