Bagikan:

YOGYAKARTA – Pemerintah Amerika Serikat pada Jumat, 7 Juli 2023 mengumumkan bahwa mereka akan mengirimkan amunisi klaster atau bom tandan ke Ukraina, sebagai bagian dari paket keamanan senilai 800 juta dolar AS (sekitar 12,12 triliun). Akan tetapi, langkah tersebut menuai kritikan, karena amunisi ini dianggap sebagai jentara kontroversial dan dilarang dipergunakan di 123 negara. Lantas, apa itu bom tandan?  

Apa Itu Bom Tandan?

Dirangkum dari berbagai sumber, bom tanda merupakan tabung yang berisi puluhan hingga ratusan bom kecil atau submunisi. Tabung dapat diluncurkan dari peluncur roket, artileri, senjata angkatan laut, maupun dijatuhkan dari pesawat terbang.

Tabung yang diluncurkan kemudian akan pecah pada ketinggian yang sudah ditentukan dan menyebarkan sejumlah bom kecil dari roket, misil, atau peluru artileri sebelum menghantam di area luas.

Bom kluster dimaksudkan untuk meledak pada benturan. Bom ini tidak dapat meledak jik mendarat di tanah basah atau lunak. Akan tetapi, bom tandan dapat meledak di kemudian hari saat diambil atau diinjak.

Setiap bom tandan memiliki jangkauan yang mematikan sekitar 10 meter persegi. Ini artinya, satu tabung bom tandan dapat merusak area seluas 30 ribu meter tersegi, atau tergantung pada ketinggian yang digunakan untuk melepaskan bom.

Bom tandan sangat efektif untuk melawan pasukan darat. Bom tandan yang tertinggal di parit sangat berbahaya, dan perlu dipindahkan atau dibersihkan dengan hati-hati agar tidak meledak.

Kendati efektif untuk pertempuran, bom tandan dilarang digunkan di 123 negara, termasuk Inggris, Prancis, dan Jerman. Hal ini karena efeknya sangat berbahaya terhadap warga sipil.

Kelompok hak asasi manusia menyebut amunisi tandan sebagai kejahatan perang.

Terkait pengiriman bom tandan dari Amerika ke Ukraina, Jake Sullivan, penasihat keamanan nasional Presiden Joe Biden mengatakan bahw pihaknya amenyadari bahwa amunisi tandan menimbulkan risiko bahaya bagi warga sipil, termasuk dari bom yang tidak meledak.

Akan tetapi, Ukraina telah memberikan jaminan tertulis bahwa mereka akan menggunakan bom tandan dengan sangat berhati-hati untuk meminimalkan risiko terhadap warga sipil.

Demikian informasi tentang apa itu bom tandan. Dapatkan update berita pilihan lainnya hanya di VOI.ID.