Bagikan:

MANOKWARI - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin akan melakukan pencanangan sejumlah program strategis nasional pada tiga kabupaten di Provinsi Papua Barat yaitu Fakfak, Teluk Bintuni, dan Manokwari.

"Sesuai jadwal, Pak Wapres tiba di Fakfak tanggal 14 Juli 2023, keesokannya ke Teluk Bintuni lalu ke Manokwari," kata Asisten II Sekretariat Daerah (Setda) Papua Barat Melkias Werinussa di Manokwari, dilansir ANTARA, Senin, 10 Juli.

Dia menjelaskan agenda kunjungan kerja Wapres Ma'ruf Amin ke Fakfak dalam rangka peresmian pengelolaan buah pala, kemudian meresmikan proyek infrastruktur di Teluk Bintuni yang pendanaannya bersumber dari APBN.

Setelah itu, Wapres meresmikan tiga program strategis nasional di Manokwari yakni pembangunan pasar modern Sanggeng, ruang terbuka hijau Borarsi, dan peremajaan (replanting) kelapa sawit.

"Rencananya Wapres juga menghadiri konferensi PGGP di Manokwari, dan peresmian situs pekabaran Injil Aitumeri Teluk Wondama," tutur Melkias.

Dia menjelaskan pemerintah provinsi dan kabupaten telah melakukan rapat bersama TNI/Polri, guna menyiapkan segala kebutuhan saat kunjungan kerja Wapres Ma'ruf Amin.

Untuk pengamanan kunjungan kerja Wapres Ma’ruf Amin ke tiga kabupaten di Papua Barat, akan dikoordinir oleh Komando Daerah Militer (Kodam) XVIII/Kasuari.

"Kami sudah rapat bersama sebanyak tiga kali. Persiapan sudah 100 persen," jelas Melkias.

Seusai melakukan pencanangan sejumlah program strategis di Papua Barat, Wapres Ma'ruf Amin melanjukan kunjungan kerja ke Sorong, Provinsi Papua Barat Daya.

"Setelah agenda di Papua Barat selesai, tanggal 15 Juli 2023 Pak Wapres terbang ke Sorong," tuturnya.