Ketum PSSI Ungkap Alasan Renovasi Stadion JIS
Jakarta International Stadium (JIS)/DOK: Wardhany Tsa Tsia-VOI

Bagikan:

YOGYAKARTA – Jakarta Internasional Stadium (JIS) yang dibangun pada era Gubernur Anies Baswedan, termasuk salah satu stadion yang dipertimbangkan untuk menjadi lokasi pertandingan Piala Dunia U-17. Akan tetapi, ada beberapa catatan untuk memperbaiki fasilitas stadion dengan melakukan renovasi. Lantas, apa alasan renovasi stadion JIS?

Alasan Renovasi Stadion JIS

Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir memberikan penjelasan soal rencana stadion JIS.

Menurut Erick, stadion yang digunakan sebagai lokasi pertandingan Piala Dunia U-17 harus menjadi tempat yang aman dan nyaman bagi para penonton.

"Kita ingin memastikan suporter pulang dengan selamat, sejak awal saya selalu bicara tentang akses-akses," kata Erick setelah meninjau kondisi Jakarta International Stadium di Jakarta Utara, Selasa, 4 Juli 2023, dikutip dari CNBC Indonesia.

Erick mengatakan, kolaborasi banyak pihak mulai dari pemerintah pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dengan Jakpro, serta sejumlah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) seperti PT KAI dan PT Jasa Marga merupakan kolaborasi yang baik dalam memperbaiki JIS.

Erick menuturkan, kondisi JIS yang sesuai standar FIFA tak hanya baik untuk timnas, namun juga bagi klub di Indonesia.

"Kalau ini (JIS) diperbaiki saya rasa klub-klub bisa saja bermain di sini, memang bukan saya yang menentukan melainkan klub dan pemilik stadion, prinsipnya kalau kerja bareng-bareng kan enak," kata Erick.

Dia menambahkan, perbaikan infrastuktur stadion menjadi prioritas yang ditugaskan Presiden Joko Widodo dan juga FIFA. Semakin banyak stadion yang berstandar FIFA juga akan baik untuk sepak bola Indonesia sehingga nantinya timnas bisa berlaga di stadion lain untuk laga internasional.

"Kita sama-sama ingin membangun stadion yang sesuai standar FIFA. Kami sepakat untuk mencari solusi bersama agar stadion-stadion di Indonesia bisa menjadi standar FIFA. Jadi kalau ada pertandingan timnas, kita ingin beri kesempatan di stadion lain, tidak hanya di GBK saja, supaya kehadiran timnas bisa dirasakan di seluruh Indonesia," ujar Erick.

Sekedar informasi, Jakarta International Stadium diresmikan pada era gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada 24 Juli 2022. Saat itu, Pemprov DKI merogoh kocek sekitar Rp4,5 triliun untuk membangun stadion ini. JIS merupakan stadion sepakbola terbesar di Indonesia, dengan kapasitas 82 ribu penonton dan luas lahan 221.000 meter persegi.

Demikian informasi tentang alasan renovasi stadion JIS. Dapatkan update berita pilihan lainnya hanya di VOI.ID.