Bagikan:

TANGERANG - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangerang berhasil mengevakuasi seorang pria obesitas dengan berat 200 kilogram (Kg) dari rumahnya di kawasan Pinang, Kota Tangerang ke RSUD Kota Tangerang, Selasa, 4 Juli, pukul 20.00 WIB.

Dalam prosesnya evakuasi pun berlangsung dramatis. BPBD harus menerjunkan puluhan personel untuk mengangkut Cipto dari kediamannya ke dalam truk Damkar Kota Tangerang.

"Tahan, tahan. Satu, dua, tiga," teriak petugas BPBD yang bahu-membahu menaikkan Cipto ke truk Damkar.

Petugas berhasil menaikkan Cipto ke truk. Saat itu, pria obesitas itu sempat merasa sesak nafas. Petugas pun meminta tabung oksigen.

"Oksigen, oksigen, oksigen mana," teriak petugas.

Tim RSUD Kota Tangerang yang berada di lokasi pun langsung memberikan satu tabung oksigen. Sekira setengah jam, proses evakuasi pun berjalan lancar, Cipto pun langsung dilarikan ke RSUD Kota Tangerang untuk mendapatkan perawatan intensif.

Dandru UPT BPBD Ciledug pos Kecamatan Pinang, Tajani mengatakan petugas sempat mengalami kesulitan karena akses di dalam rumah kontrakan yang dihuni Cipto sempit.

"Jadi untuk evakuasi kita menggunakan troli, untuk menggeluarkannya itu dari kamar belakang , setelah itu kita keluarkan untuk di evakuasi ke rumah sakit dengan mobil truk , jadi untuk menaikannya kita langsung gotong beramai-ramai. (Tapi) dalam evakuasi ada pintu jalur keluar itu tidak muat jadi harus kita bongkar," ucapnya