Pemkot Tangerang: Penggunaan Asrama Haji Banten Tunggu Persetujuan
Jemaah haji asal Kota Tangerang saat berkumpul di Masjid Raya Al Azhom sebelum keberangkatan beberapa waktu lalu. ANTARA/Irfan

Bagikan:

TANGERANG - Pemerintah Kota Tangerang masih menunggu persetujuan dari Imigrasi, Bea Cukai dan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas 1 Soekarno-Hatta terkait penggunaan Asrama Haji Banten di Cipondoh menyambut kepulangan jemaah haji.

"Pada prinsipnya kementerian agama (kemenag) setuju penyambutan jamaah haji di Asrama Haji Cipondoh, tinggal nunggu persetujuan clearance imigrasi, proses bea cukai dan KKP bisa diselesaikan di Bandara Soekarno Hatta," kata Sekretaris Daerah Kota Tangerang Herman Suwarman di Tangerang, Antara, Selasa, 4 Juli. 

Penggunaan Asrama Haji Banten ini sudah dibahas dalam rapat koordinasi yang diikuti oleh Kepala Kanwil Kemenag DKI Jakarta, Perwakilan Kanwil Kemenag Banten dan juga beberapa perwakilan dari Kantor Imigrasi Soekarno-Hatta, Kantor Otoritas Bandara Wilayah 1 serta Kantor Kesehatan Pelabuhan Soekarno-Hatta.

"Intinya kemenag menyetujui Asrama Haji Kota Tangerang digunakan untuk menyambut pemulangan jemaah haji. Namun pihaknya masih menunggu persetujuan proses clearance imigration-nya dari bea cukai, pihak Imigrasi dan KKP," katanya.

Oleh karena itu, kemenag akan mengirimkan surat kepada pihak terkait menindak lanjuti hasil rapat koordinasi tersebut.

"Kita masih menunggu keputusan terkait customs immigration & quarantine (CIQ) dari Bea Cukai, Imigrasi dan KKP Bandara Soekarno-Hatta" ujarnya.

Kakanwil Kemenag DKI Jakarta Cecep Khairul Anwar juga sebagai ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Asrama Haji Pondok Gede, menuturkan bahwa pada prinsipnya PPIH menyetujui dengan penyelenggaraan kepulangan haji 2023 di Asrama Haji Kota Tangerang.

Hasil yang dipaparkan oleh masing - masing organisasi perangat daerah (OPD) Kota Tangerang bahwa Asrama Haji Kota Tangerang prinsipnya sudah siap hanya saja ada beberapa hal yang harus disempurnakan.

"Kami setujui untuk saat ini untuk kloter yang utuh asal Kota Tangerang. Tetapi untuk yang kloter gabungan dengan jamaah asal kota lain masih tetap ke Pondok Gede terlebih dahulu baru nanti pelepasan di Kota Tangerang," terang Cecep.

Sebagai informasi pemulangan jemaah haji Kota Tangerang tahun 2023 dijadwalkan dimulai pada Rabu, 5 Juli dengan jumlah 393 orang.