Ingatkan Polri Makin Profesional, Puan: Jangan Tunggu Viral Saat Tangani Kasus
Puan Maharani/FOTO: Instagram puanmahariniri

Bagikan:

JAKARTA - Ketua DPR Puan Maharani mengingatkan Polri terus profesional menjalankan tugas dan fungsinya. Mereka harus mampu menegakkan hukum hingga menjaga ketertiban masyarakat.

Hal ini disampaikan Puan di momen HUT ke-77 Polri pada hari ini, Sabtu, 1 Juli. Korps Bhayangkara diharapkan makin disiplin dan profesional.

"Tingkatkan kedisiplinan dan profesionalitas dalam melayani dan menjaga keamanan masyarakat," kata Puan dalam keterangan tertulisnya.

Dengan semakin profesional, Polri diyakini mampu menjalankan tugasnya dengan baik. Termasuk saat menghadapi tahun politik.

"Sehingga Pemilu 2024 bisa berlangsung dengan aman, damai, dan gembira," ujar Ketua DPP PDIP tersebut.

Tak hanya itu, Polri diminta berbenah secara internal. Evaluasi harus dilakukan apalagi selama setahun terakhir, kata Puan.

Polri juga diingatkan tegas dan tak tebang pilih dalam menangani kasus hukum termasuk yang menjerat anggotanya sendiri. "Tentunya ini membutuhkan komitmen dari dalam tubuh Polri sendiri," tegasnya.

Dengan ketegasan ini, diharap kepercayaan publik yang sempat turun belakangan bisa kembali bergerak naik.

"Sehingga tidak ada kesan hukum tajam ke bawah. DPR berharap Polri mengedepankan nilai-nilai kemanusiaan dalam menghadapi kasus hukum rakyat kecil yang sangat membutuhkan pengayoman dari penegak hukum," ujar Puan.

"Masyarakat berharap, Polri bisa bekerja secara terbuka, penuh keadilan, dan sigap untuk semua penegakan hukum tanpa perlu menunggu peristiwa viral terlebih dahulu," pungkasnya.