Ganjar Dampingi Kaisar Jepang Naruhito di Candi Borobudur: Beliau Terkesan
Kaisar Jepang Naruhito didampingi Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di Candi Borobudur, Magelang (Istimewa)

Bagikan:

JAKARTA - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyambut kehadiran Kaisar Jepang Hironomiya Naruhito beserta rombongan di Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Kamis 22 Juni. Ganjar pun mendampingi Kaisar berkeliling menikmati panorama candi peninggalan Dinasti Syailendra tersebut.

Kaisar Hironomiya Naruhito tiba di pelataran Candi Borobudur sekitar pukul 08.15 WIB. Setelah mendengarkan penjelasan berkait sejarah candi dari seorang tour guide bernama Mura, Kaisar dan Ganjar berjalan menuju candi.

Sekitar 50 menit, rombongan tamu dan tuan rumah berkeliling menikmati kemegahan candi abad ke-8 itu. Mulai keunikannya, filosofi, hingga teknologinya.

Ganjar Pranowo menuturkan, Kaisar Hironomiya Naruhito sangat senang bisa berkunjung ke Candi Borobudur. Hal itu, tak lepas dari penjelasan tour guide secara detil terkait dengan candi.

“Dari filosofinya terkesan, teknologinya terkesan, terus kemudian cerita yang diceritakan narasinya bagus banget tadi sangat terkesan. Sehingga banyak ekspresi yang saya lihat ‘wow, wow’. Jadi itu pasti menunjukkan kesan yang hebat,” ucap dia.

Menurut Ganjar, kunjungan Kaisar Naruhito ke Candi Borobudur menunjukkan keakraban antara Indonesia dan Jepang. Terkhusus untuk Provinsi Jateng, Ganjar pun menjajaki kerjasama di berbagai bidang.

“Apakah diplomatiknya, politiknya, ekonominya, B2B-nya agar kemudian kita bisa memanfaatkan hubungan baik ini,” tutur Ganjar.

Saat mendampingi Kaisar Jepang, Ganjar juga turut berbincang dengan Duta Besar Jepang untuk Indonesia Kanasugi Kenji. Ganjar mengatakan, Kanasugi mengajaknya ke Jepang untuk melihat potensi yang bisa dikerjasamakan.

“Tadi Pak Duta Besar langsung bicara dengan saya dan beberapa tokoh penting tadi. Bisik-bisik ke saya kapan bisa ke Jepang. Saya bilang harus menyelesaikan tugas dulu, rasa-rasanya kalau dalam waktu pendek, belum,” kata Ganjar.

Ganjar pun mengapresiasi Tur Guide Mura yang bisa dengan lancar menjelaskan semua tentang Candi Borobudur ke Kaisar Naruhito. Menurut Ganjar, Mura sangat entertaining karena memberi penjelasan secara enteng dan bagus.

“Saya melihat kaisar Hiro sangat senang tadi, sangat impresif melihat dan mengikuti. Senang sekali karena guide-nya keren,” pungkasnya.