Bagikan:

SEMARANG - Ketua DPR RI, Puan Maharani, setelah mengawasi program imunisasi polio Inactivated Poliovirus Vaccine Dosis Kedua (IPV 2) di Klaten dan Sukoharjo, melanjutkan kunjungan kerjanya di Jawa Tengah. Bersama Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, Puan tiba di Semarang pada Rabu petang 21 Juni untuk makan malam di Restoran D’Kambodja milik Desainer Anne Avantie.

Dalam suasana yang memukau, Puan Maharani sangat terkesima dengan keindahan Rumah Pertemuan D’Kambodja, sebuah bangunan warisan budaya. Restoran ini menawarkan suasana tradisional dengan hidangan khas masakan Jawa.

"Ojo pedhot oyot, jangan tercabut dari akar atau asal usul kita. Melestarikan cagar budaya dengan merevitalisasinya menjadi sebuah tempat makan unik seperti D’Kambodja adalah langkah yang sangat baik untuk menjaga akar budaya kita," ujar Puan.

Uleg Sambel

Saat berkeliling bersama pemilik restoran, Puan tak hanya melihat berbagai ruangan di Rumah Pertemuan D’Kambodja. Ia bahkan masuk ke dapur dan tanpa ragu mengambil ulekan.

Inillah aksi Puan Maharani menguleg cabe di dapur Warung d
Inillah aksi Puan Maharani menguleg cabe di dapur Warung D'Kambodja Semarang milik Anne Avantie. (IST)

Ternyata, Puan Maharani memiliki inisiatif untuk membuat sambal terung mangut dan menyajikannya kepada Ganjar dan rombongan lainnya. Dengan penuh semangat, ia mengulek sambal yang dicampur dengan ikan manyung asap dan terung, hidangan khas Semarang.

Tampak alami seperti seorang ibu yang menyediakan makanan untuk keluarganya, Puan dengan bangga menyajikan hidangannya kepada Ganjar. “Ini saya buat sendiri, spesial untuk Pak Ganjar agar semakin bersemangat,” ucap Puan.

Tak hanya Ganjar Pranowo, masakan Puan juga disajikan kepada Menteri Kesehatan, Budi Gunadi, dan rombongan lainnya. Ganjar memuji masakan tersebut sambil menggoda Puan.

“Inilah sambel Mangut Semarang bikinan Mbak Puan yang enak. Rasanya melebihi kekuatan dari ngegym, lho,” kata Ganjar.

Esok harinya, Puan dijadwalkan menghadiri Focus Group Discussion (FGD) di Universitas Negeri Semarang (UNNES) tentang implementasi kerja sama Konsorsium dengan Pukyong National University (PKNU) Korea. Puan sebelumnya telah menyaksikan penandatanganan MoU kerja sama tersebut saat ia menerima gelar Doktor Honoris Causa dari PKNU.

Pada agenda kunjungan kerja hari ini, Puan Maharani meluncurkan program imunisasi IPV 2 di Klaten.