Bagikan:

YOGYAKARTA – Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) merupakan laporan harta kekayaan yang disampaikan para penyelenggara negara dan bersifat wajib. Artinya data harta kekayaan para pejabat terekam dalam LHKPN. Di luar dari konteks pengertian, siapa pejabat terkaya RI versi LHKPN?

Pejabat Terkaya RI Versi LHKPN

Patut diketahui bahwa LHKPN dilaporkan oleh pejabat saat pertama kali menjabat, mutasi, promosi, dan pensiun. Adapun pejabat paling kaya berdasarkan data LHKPN adalah sebagai berikut.

  1. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin

Menurut data LHKPN yang dilihat pada Juni 2023, (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno jadi penyelenggara negara dengan harta kekayaan tertingi. Ia tercatat memiliki harta kekayaan sebesar Rp10,9 triliun.

  1. Anggota Wantimpres Dato Sri Tahir

Dato Sri Tahir adalah salah satu anggota Dewan Pertimbangan Presiden. Selain itu ia juga sosok yang mendirikan Mayapada Group, perusahaan holding yang memiliki bisnis di berbagai sektor. Dalam LHKPN ia tercatat memiliki harta kekayaan sebesar Rp9,2 triliun.

  1. Mendikbudristek Nadiem Makarim

Harta kekayaan Nadiem Makarim pada tahun 2023 tercatat sebesar Rp4,8 triliun. Di tahun 2021 ia tercatat hanya memiliki kekayaan sebesar Rp1.1 triliun.

Nadiem sendiri terkenal sebagai Founder Gojek sebelum menjabat sebagai Mendikbudristek. Jauh sebelumnya, Nadiem merupakan seorang pengusaha, salah satu bisnisnya adalah Zalora Indonesia. Ia kemudian memutuskan keluar hingga bertugas di Gojek yang dirintisnya sejak 2011.

  1. Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono

Sakti Wahyu Trenggono adalah Menteri KKP yang diangkat menggantikan Menteri KKP sebelumnya yakni Edy Prabowo. Sebelum menjadi Menteri KKP ia menjabat sebagai Wakil Menteri Pertahanan.

Sakti Wahyu Trenggono meniti karier di perusahaan besar salah satunya Federal Motor. Selain itu ia juga pernah berkarier di komisaris di PT Tower Bersama Tbk hingga PT Merdeka Copper Gold Tbk. Harta kekayaan Sakti Wahyu tercatat mencapai Rp3 triliun.

  1. Menteri BUMN Erick Thohir

Erick Thohir saat ini tidak hanya berstatus sebagai Menteri BUMN namun sebagai Ketua PSSI. Ia memang cukup aktif tidak hanya di bidang politik, namun di bidang bisnis dan olahraga. Di bidang bisnis ia tercatat memiliki beberapa perusahaan yang cukup sukses. Di LHKPN Erick tercatat memiliki harta kekayaan sebesar Rp2,3 triliun.

  1. Menteri Pertahanan Prabowo Subianto

Prabowo Subianto saat ini menjabat sebagai Menteri Pertahanan. Di luar dari itu, ia juga dikenal sebagai politikus yang menjadi Ketua Umum partai Gerindra. Selain itu ia juga memiliki beberapa perusahaan besar di Indonesia salah satunya adalah PT Nusantara Energy. Harta Kekayaan Prabowo tercatat mencapai Rp2 triliun.

  1. Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan

Luhut Binsar Pandjaitan dikenal sebagai menteri serba bisa karena ia beberapa kali rangkap jabatan. Sebelumnya ia juga sempat menduduki jabatan menteri seperti menjadi menteri Menteri Perindustrian dan Perdagangan Indonesia hingga Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Indonesia. Selain itu ia juga memiliki saham di perusahaan besar. Harta kekayaannya mencapai Rp897 miliar.

Itulah beberapa pejabat terkaya RI versi LHKPN. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.