3 Hektare Lahan Gambut di Nagan Raya Aceh Terbakar
Petugas BPBD bersama kepolisian memadamkan api di lokasi kebakaran lahan gambut, di Desa Sumber Bakti, Kecamatan Darul Makmur, Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh, Rabu (14/6/2023). (ANTARA/HO-Dok BPBD Nagan Raya)

Bagikan:

NAGAN RAYA - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Nagan Raya, Aceh, mencatat tiga hektare lahan gambut berlokasi di Desa Sumber Bakti, Kecamatan Darul Makmur, kabupaten setempat terbakar.

“Saat ini upaya pemadaman masih terus dilakukan,” kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Nagan Raya, Aceh, Irfanda Rinadi dilansir ANTARA, Rabu, 14 Juni.

Dia menjelaskan upaya pemadaman dilakukan oleh personel BPBD Nagan Raya bersama tim gabungan terdiri TNI, Polri, dan pihak perusahaan perkebunan kelapa sawit.

Musibah kebakaran lahan di kawasan Sumber Bakti, Kecamatan Darul Makmur, Kabupaten Nagan Raya, Aceh mulai diketahui dari munculnya titik api di aplikasi di BPBD setempat.

Pihaknya kemudian mengerahkan personel ke lokasi kejadian guna melakukan upaya pemadaman, dengan harapan sebaran api dapat segera dihentikan.

Untuk memudahkan pemadaman, BPBD Nagan Raya bersama tim gabungan juga turut mengerahkan empat unit mesin pompa air ke lokasi kejadian, untuk memadamkan api.

Irfanda mengatakan hingga Rabu sore, api baru dapat dipadamkan sekitar 20 persen di lokasi kejadian karena terbatasnya sumber air di lokasi kebakaran.

“Karena lokasi yang terbakar ini merupakan lahan gambut, sehingga sumber air sangat terbatas,” katanya menambahkan.

Meski terus melakukan upaya pemadaman, BPBD Nagan Raya sejauh ini belum mengetahui penyebab terjadinya kebakaran lahan gambut di kawasan tersebut.