Bule AS Tersesat di Gunung Agung
FOTO TIM SAR BALI

Bagikan:

KARANGASEM - Warga negara Amerika Serikat (AS) berinisial GS (22) tersesat di Gunung Agung, Karangasem, Bali. Bule ini dievakuasi tim SAR.

Bule AS ini berangkat dari hotel menuju Gunung Agung sekitar pukul 07.30 WITA, Selasa, 13 Juni. Tapi saat malam hari, korban menelepon temannya karena tak bisa menemukan jalur menuju Pura Pasar Agung.

"Temannya dihubungi sekitar pukul 19.30 WITA, bahwa korban tersesat dan segera setelah mendapatkan laporan kami menggerakkan personil dari Pos Pencarian dan Pertolongan Karangasem," ujar Kepala Seksi Operasi dan Siaga Basarnas Bali, I Wayan Suwena, dikutip dari keterangan tertulis, Rabu, 14 Juni

Dari laporan yang diterima, 9 personel mencari bule AS tersesat di Gunung Agung ini. Posisi bule AS berada di ketinggian 1.790 Mdpl dan sempat memberi kabar lewat handphone.

Koordinator Pos Pencarian dan Pertolongan Karangasem, I Gusti Ngurah Eka W menerangman, karena lokasi tak bisa langsung diakses, tim SAR gabungan menurut Suwena mendaki sampai dengan 2000 Mdpl, selanjutnya turun mencari jalur hingga mencapai posisi korban.

"Kondisi target sangat sehat akan tetapi sempat kedinginan, kita buatkan api unggun," katanya.

Bule AS bersama tim SAR kemudian turun dari Gunung Agung hingga tiba di pos pendakian Pura Pasar Agung pukul 04.45 WITA.

"Kurang lebih proses evakuasi ini 6 jam," ujar Ngurah Eka.