Pemprov DKI Tata Wilayah dan RTH Perbaiki Kualitas Udara
ILUSTRASI ANTARA

Bagikan:

JAKARTA - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melanjutkan program beautifikasi melalui penataan wilayah dengan melakukan penanaman pohon dan memperluas ruang terbuka hijau (RTH) guna memperbaiki kualitas udara di DKI.

"Intinya, kita lakukan kegiatan penataan kawasan ini dari yang mudah. Wilayahnya kita refungsi dan dijadikan lebih indah," kata Penjabat Gubernur DKI, Heru Budi Hartono saat meninjau penataan kawasan di Kelurahan Kuningan Timur, Jakarta Selatan, dilansir ANTARA, Senin, 12 Juni.

Heru menjelaskan, selain mengurangi polusi kendaraan melalui program elektrifikasi, ruang terbuka hijau juga memiliki peran penting dalam memperbaiki kualitas udara.

"Selain mempercepat penggunaan motor dan mobil listrik serta bahan bakar yang ramah lingkungan, kita upayakan memperbaiki kualitas udara dengan kegiatan penataan kawasan ini yang turut menambah jumlah RTH di Jakarta," ucap Heru.

Menurut Heru, penataan kawasan untuk menciptakan kawasan yang sehat, hijau, dan memberikan kenyamanan bagi warga sekitar sudah menjadi tugas lurah di seluruh wilayah Provinsi DKI Jakarta.

Selain kawasan Kelurahan Kuningan Timur, Heru juga meninjau Jalan Perintis untuk melihat hasil penataan yang telah dilakukan pihak kelurahan.

Sebelumnya, kondisi trotoar di kawasan Kelurahan Kuning Timur kurang terawat dan dipadati pedagang kaki lima (PKL). Setelah dilakukan penataan, trotoar lebih tertata rapi, tidak ada lagi PKL dan sampah ataupun kali di samping trotoar sudah dibersihkan.

"Saya kasih semangat untuk Bu Lurah. Tadinya di sini banyak pedagang kaki lima. Terus dilakukan penataan, PKL dipindahkan ke tempat yang telah disediakan. Lalu, jalan ini ditata menjadi lebih rapi, sehat dan bersih. Nanti saya harap bisa bertambah lagi," ujar Heru saat mengapresiasi Lurah Kuningan Timur.

Lurah, kata Heru harus mampu menjadikan satu lokasi yang masih tidak tertata rapi di wilayahnya menjadi kawasan yang bersih, rapi, dan indah.

"Tidak hanya bersih dari sampah dan dirapikan, tetapi juga tata dengan tanam pohon. Trotoar juga dirapikan. Ya saya minta kelurahan tidak hanya satu lokasi saja, tetapi bisa nambah dua atau tiga lokasi," jelas Heru.