Jemaah Calon Haji Bisa Datangi Sektor Khusus Saat Tersesat di Masjid Nabawi
Seorang petugas haji saat melintas di Masjid Nabawi, Madinah. ANTARA/Nur Istibsaroh

Bagikan:

MADINAH - Jemaah calon haji yang tersesat atau lupa jalan kembali ke hotel, terpisah dari rombongan, kehilangan sandal, atau menghadapi masalah lainnya bisa mendatangi sektor khusus di Masjid Nabawi Madinah.

Nuari Azizah, petugas Sektor Khusus Masjid Nabawi menjelaskan pembukaan pos sektor khusus di Masjid Nabawi untuk membantu dan melayani jemaah.

"Ada lima pos di sektor khusus Masjid Nabawi. Di setiap sektor khusus, tersedia petugas dari sejumlah layanan yang ada di dalam Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi," katanya di Madinah dilansir ANTARA, Jumat, 9 Juni.

Dia menjelaskan petugas sektor khusus, antara lain petugas perlindungan jamaah (linjam), Penanganan Krisis dan Pertolongan Pertama Jemaah (PKP3JH), dan layanan lansia.

Sektor khusus, katanya, siap menjadi penolong jemaah calon haji Indonesia yang tersesat, apalagi bagi lansia akan dilayani dan diantar hingga kembali ke tempat menginap atau hotel.

"Menenangkan adalah langkah pertama jika ada jamaah yang tersesat. Biasanya orang kalau merasa tersesat dan bingung jalan pulang, mereka akan panik. Nah itu, ketika ada jamaah, kami persilakan duduk dulu,” katanya.

Langkah berikutnya, mengecek kartu yang ada kode batang dan berisi informasi lengkap tentang nama calon haji, lokasi hotel, dan ketua kloter.

"Tapi biasanya banyak yang tidak membawa kartu jamaah ini. Kebanyakan tertinggal di kamar hotelnya,” kata dia.

Jika kartu jemaah tertinggal, lanjut dia, petugas sektor khusus akan mengecek gelang calon haji karena ada pada gelang juga tercantum nomor kloter, embarkasi, dan nama orang.

"Kami dibekali buku khusus yang mencantumkan embarkasi, hotelnya, dan semua informasi jemaah haji. Itu memudahkan kami,” katanya.

Jika sudah menemukan hotel dan rombongan, petugas sektor khusus akan mengantar atau calon haji dijemput ketua rombongan.

"Sembari menunggu jemputan agar jamaah tidak bosan dan jenuh, kami mengajaknya ngobrol, memberinya minuman atau makanan, dan tidak jarang juga petugas sektor khusus harus mengantarkan jamaah haji lansia yang belum dijemput oleh ketua rombongannya," katanya.

Azizah menegaskan tim sektor khusus siap melindungi dan melayani jemaah calon haji yang tersesat serta akan mengantarkan mereka kembali ke kamar hotel.