Derita Diabetes dan Dirawat, Calon Haji Asal Lhokseumawe Meninggal di Madinah
Calon Jamaah Haji (CJH) di Banda Aceh berangkat ke tanah suci pada tahun 2019. (ANTARA)

Bagikan:

BANDA ACEH - Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Aceh menyebutkan seorang calon haji asal Aceh meninggal dunia saat menjalani perawatan di rumah sakit di Kota Madinah, Arab Saudi.

Ketua PPIH Embarkasi Aceh Azhari mengatakan Jemaah yang meninggal dunia bernama Muhammad Yusuf (70), warga Lhokseumawe. Informasi wafatnya Jemaah calon haji tersebut diterima dari Ketua kloter 4 Zulkifli melalui aplikasi pesan daring.

"Muhammad Yusuf Dadeh meninggal dunia Minggu pukul 05.00 Waktu Arab Saudi, bakda Subuh tadi," kata Azhari dikutip ANTARA, Minggu 4 Juni.

Ia menjelaskan calon haji ini merupakan pemilik paspor C6319460 yang tergabung dalam kloter 04-BTJ. Ia meninggal dunia di Rumah Sakit Umum Madinah Almunawarah.

Di dalam sertifikat kematian (CoD) yang dikeluarkan Kantor Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Madinah, Muhammad Yusuf diduga mengalami gastroenteritis, peradangan atau iritasi pada usus dan dehidrasi. Ia juga mengidap diabetes mellitus.

Muhammaf Yusuf sebelumnya dirujuk ke KKHI pada Jumat (2/6), kemudian dirujuk ke RSU Madinah Almunawarah pada Sabtu malam.

"Pertama kita bawa ke KKH,  saat kritis dibawa ke RSU Madinah, almarhum meninggal di RSU Madinah," katanya.

Azhari mengatakan saat ini petugas kloter bersama pihak maktab sedang dalam proses pengurusan jenazah.

"InsyaAllah akan dimakamkan di Baqi. Kita doakan semoga almarhum diampuni segala dosanya dan di tempatkan di sisi Allah SWT,” ujarnya.