Diduga Terkam Warga, Buaya Sepanjang 3 Meter Penghuni Sungai Baruk Bangka Belitung Ditangkap Warga
Warga Bukit Layang mengevakuasi seekor buaya sepanjang tiga meter yang berhasil ditangkap di Sungai Baruk, Kecamatan Bakam/ANTARA

Bagikan:

BANGKA - Warga Bukit Layang, Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berhasil menangkap seekor buaya di Sungai Baruk desa setempat sepanjang tiga meter.

Menurut Kepala Dusun Bukit Layang, Sultanda, buaya sepanjang tiga meter berhasil ditangkap oleh warga sekitar pukul 15.30 WIB menggunakan alat khusus yang dirancang untuk menangkap buaya.

"Binatang reptil tersebut oleh warga akan diserahkan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) untuk dilakukan rehabilitasi hewan di Merawang," jelasnya dalam keterangan tertulis, Antara, Jumat, 2 Juni. 

Warga Desa Bukit Layang Bangka terpaksa menangkap buaya tiga meter di sungai Baruk karena diduga menerkam seorang warga atas nama Ribuan (39) hingga meninggal dunia.

Ribuan diduga diterkam buaya pada Kamis kemarin pukul 16.00 WIB, saat bersama dua orang temannya hendak memasang jaring ikan di sungai.

Saat menyeberang sekitar beberapa meter dari pinggir sungai, tiba-tiba korban hilang diduga diterkam buaya, sedangkan dua temannya saat itu dalam kondisi selamat.

Ribuan berhasil ditemukan di Sungai Baruk dalam kondisi meninggal dunia sekitar pukul 09.10 WIB. Korban mengalami luka di bagian leher seperti bekas gigitan buaya.

Menurut personel Babinsa wilayah Bukit Layang dari Koramil Sungailiat, Serda Turahman, saat ditemukan korban mengalami luka-luka di bagian leher seperti bekas gigitan buaya.

"Korban langsung dibawa ke rumah duka dan rencananya setelah salat Jumat akan dimakamkan di tempat pemakaman umum," kata dia.