Nyeri Dada dan Tak Ada Pendamping, Calon Haji Usia 89 Tahun Embarkasi Solo Dipulangkan
Ilustrasi. Pulang dari Tanah Suci, rombongan haji tes usap antigen COVID-19 di Bandara Hang Nadim Batam, Kepri, Rabu 27 Juli. (FOTO ANTARA-Jessica)

Bagikan:

JATENG - Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Solo telah memulangkan satu calon haji asal Kabupaten Semarang yang tergabung kelompok terbang (kloter) 17 ke daerahnya karena kondisi kesehatan.

Humas PPIH Embarkasi Solo Gentur Rama Indriyadi mengatakan, calon haji tersebut atas nama Sarju Amad Toyib (89), asal Kabupaten Semarang, ditunda keberangkatan ke Tanah Suci karena kondisi kesehatan.

"Satu calon haji yang ditunda berangkat itu, berdasarkan surat dari PPIH Embarkasi Solo Nomor 21/PPIH-SOC/05/2023, per tanggal 29 Mei 2023," kata Gentur di Asrama Haji Donohudan Boyolali, Jawa Tengah, Senin 29 Mei, disitat Antara.

Gentur menjelaskan calon haji itu ditunda keberangkatannya setelah pemeriksaan kesehatan akhir yaitu sakit sesak dan nyeri dada. Alasan lain, lanjut dia, Sarju tidak ada yang mendampingi berangkat ibadah haji.

Dia melanjutkan, yang bersangkutan dengan didampingi petugas daerah kemudian dipulangkan ke daerah.

Sebelumnya, PPIH Embarkasi Solo juga memulangkan Rumisih Salidin Kanafi (76), jemaah calon haji yang merupakan warga Demak tergabung dalam kloter 7. Rumisih dipulangkan ke daerahnya juga karena kondisi kesehatan.

Menurut dia, berdasarkan analisa dari tim kesehatan Embarkasi Solo yang bersangkutan dinyatakan menderita demensia berat, sehingga tidak layak untuk terbang ke Tanah Suci.

Sementara itu, ada empat jemaah calon haji yang masih menjalani perawatan hingga Senin 29 Mei.

Keempatnya, yaitu dua orang dari kloter 18 dirawat di RS TNI AU dan dua lainnya dari kloter 16 dirawat di RSU Moewardi Solo.

Sedangkan satu lagi calon jemaah haji menjalani observasi di Poliklinik Embarkasi Solo.

Hingga hari ini, Embarkasi Solo telah kedatangan calon haji kloter 19 asal Kabupaten Temanggung sebanyak 360 orang, sehingga total telah menerima sebanyak 6.792 calon haji.

Sedangkan, calon haji yang sudah diterbangkan ke Tanah Suci, hingga kloter 16 sebanyak 5.731 orang.

"Calon haji Embarkasi Surakarta kloter 16 sebanyak 360 orang full seat, telah diberangkatkan ke Tanah Suci melalui Bandara Adi Soemarmo Boyolali, pada pukul 18.35 WIB, sehingga total yang sudah diberangkatkan sebanyak 5.731 calon haji," katanya.