Mengenal Ijen Geopark yang Dinobatkan UNESCO Jadi yang Terbaik di Dunia
Kawah Ijen (ANTARA/HO-Humas Pemkab Banyuwangi)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Belum banyak masyarakat mengenal Ijen Geopark. Padahal, UNESCO baru saja mengumumkan bahwa geopark Ijen jadi geopark terbaik di dunia. Lalu, ada apa saja di kawasan geopark tersebut?

Mengenal Ijen Geopark

Secara umum, Ijen Geopark adalah situs warisan geologi dan kawasan dengan ragam bentangan alam yang berada di Jawa Timur. Nama Ijen sendiri diambil dari Gunung Ijen. Secara administrasi letak Ijen Geopark berada di dua wilayah yakni Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso, Provinsi Jawa Timur.

Ijen Geopark menjadi istimewa karena memiliki jejak rekaman penting tentang sejarah bumi. Di Ijen Geopark setidaknya terdapat 21 situs geologi yang terus dikembangkan baik berskala lokal maupun internasional. Beberapa situs geologi yang menjadi favorit misalnya Kawah Ijen yakni danau kawah dengan tingkat keasaman tinggi disertai api biru di area Solfatara.

Situs Ijen Geopark tersebar di dua wilayah yakni Banyuwangi dan Bondowoso. Ada tiga komponen wisata yang jadi karakteristik utama Ijen Geopark yakni komponen pariwisata geologi, biologi, dan budaya.

Di bidang biologi atau bioste misalnya, berupa perkebunan kopi BRK (Bondowoso Republik Kopi) tepatnya ada di desa Sukorejo, Kecamatan Sumberwringin. Pengunjung yang berkunjung ke tempat tersebut akan mengetahui sekaligus belajar proses produksi kopi dari hulu hingga hilir.

Selain itu Ijen Geopark saat ini juga sudah menjadi salah satu anggota UNESCO Global Geopark (UGG) yang ditetapkan melalui Dewan Eksekutif UNESCO ke-216 di Paris, Perancis, digelar pada hari Rabu 24 Mei 2023.

Artinya, Geopark Ijen jadi salah satu geopark UGG dari 195 situs UGG lain yang ada di 48 negara. Penetapan Ijen Geopark dalam UGG bersamaan dengan 18 situs geologi lain yang dimiliki berbagai negara tahun ini yakni Caçapava (Brazil), Lavreotiki (Yunani), Aras (Iran), Hakusan Tedorigawa (Jepang), dan beberapa situs dunia lain.

Selain mengenal Ijen Geopark, Anda bisa mendapatkan informasi menarik lainnya dengan mengunjungi VOI.ID.