Kemenag Berangkatkan 393 Calon Haji Kloter Pertama Embarkasi Jakarta
Jamaah calon haji (JCH) kloter satu Embarkasi Jakarta yang diberangkatkan pada Selasa malam (23/5/23). (ANTARA/Sean Filo Muhamad)

Bagikan:

JAKARTA - Kementerian Agama (Kemenag) memberangkatkan 393 calon jamaah haji kloter pertama dari Embarkasi Jakarta malam ini.

"Malam hari ini kami berangkatkan gelombang pertama jemaah calon haji Embarkasi Jakarta sebanyak 385 orang dari Jakarta Selatan dan Alhamdulillah sudah melakukan cek kesehatan dan sudah siap diberangkatkan," kata Direktur Jenderal (Dirjen) Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU) Kemenag Hilman Latief dilansir ANTARA, Senin, 23 Mei. 

Hilman mengatakan jemaah calon haji akan dipertemukan dengan jamaah lainnya di Bandara Internasional Soekarno Hatta (Soetta) dan akan dilepas secara nasional.

Dia menyebutkan pada kloter ini terdapat jemaah calon haji tertua dengan usia 82 tahun serta jemaah calon haji termuda dengan usia 24 tahun dan 14 calon jemaah haji yang menggunakan kursi roda. 

"Sebagaimana tahun ini kami membuat layanan dengan tema haji ramah lansia, maka kami siapkan betul agar pendampingannya juga maksimal," ujar Hilman.

Para jemaah calon haji yang berangkat malam ini akan langsung menuju Madinah, Arab Saudi, untuk istirahat terlebih dahulu dan bisa mulai berziarah ke tempat-tempat seperti Makam Rasulullah, Masjid Nabawi, dan tempat lainnya di sekitar Madinah.

Berdasarkan data yang diperoleh, 393 orang yang diberangkatkan terdiri atas 385 calon jemaah haji dengan rincian 165 laki-laki dan 220 perempuan serta 8 petugas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH). Para jamaah calon haji diberangkatkan menggunakan 10 bus yang telah disediakan.

Jemaah calon haji tersebut dijadwalkan untuk terbang pada pukul 00.30 WIB menggunakan pesawat Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA7301.