Kemenhub Tingkatkan Infrastruktur Transportasi di Destinasi Wisata
Menhub Budi Karya Sumadi memberi sambutan dalam pameran "Di Indonesia Aja Travel Fair" (DIATF) yang diselenggarakan Kemenparekraf di Jakarta, Jumat (19/5/2023). ANTARA/HO-Biro Komunikasi dan Informasi Publik (BKIP) Kemenhub

Bagikan:

JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) berkomitmen membangun infrastruktur sarana dan prasarana transportasi di destinasi wisata untuk mendukung program bangga berwisata di Indonesia.

Hal ini disampaikan oleh Menhub Budi Karya Sumadi saat hadir dalam kegiatan pameran Di Indonesia Aja Travel Fair (DIATF) yang diselenggarakan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) di Jakarta, Jumat, 19 Mei.

"Kami terus berkomitmen dalam membangun, meningkatkan peran serta menghubungkan berbagai destinasi pariwisata yang kelak akan menjadi sumber pendapatan bukan saja bagi negara tetapi juga bagi pemerintah daerah, serta masyarakat setempat," ucap Menhub dikutip ANTARA.

Dia mengatakan dukungan pembangunan infrastruktur transportasi telah dilakukan di kawasan destinasi wisata super prioritas lima Bali baru.

Sejumlah infrastruktur yang telah dibangun, di antaranya membangun 13 titik pelabuhan penyeberangan di Danau Toba, pembangunan KA Bandara Yogyakarta International Airport–Kulonprogo, pembangunan jalur Kereta Api (KA) Solo Balapan-Bandara Adi Soemarmo, pembangunan Pelabuhan Gili Trawangan, peningkatan fasilitas di Pelabuhan Likupang, dan pengembangan wisata Labuan Bajo.

"Presiden selalu berpesan, buat lah infrastruktur yang delivered, artinya berguna bagi masyarakat. Pariwisata adalah salah satu kegiatan yang paling penting untuk kita dukung. Oleh karenanya, kolaborasi antar kementerian dan swasta penting. Saya sangat apresiasi acara ini. Semoga apa yang kita laksanakan ini bermanfaat untuk bangsa," kata Menhub.

DIATF merupakan salah satu implementasi dari pelaksanaan program bangga berwisata di Indonesia. Kegiatan itu menghadirkan paket-paket wisata menarik untuk mempromosikan pariwisata Indonesia serta sebagai ajakan agar masyarakat Indonesia memilih berlibur di dalam negeri dan lebih mencintai destinasi wisata di Indonesia sekaligus mendorong pariwisata di daerah.

Kemenparekraf pada 2023 menargetkan perjalanan wisatawan nusantara sebesar 1,2 hingga 1,4 miliar atau meningkat dua kali lipat dari 2022. Sementara jumlah wisatawan mancanegara di Indonesia ditargetkan sebesar 8,5 juta.

"Kami sangat optimistis dapat mencapai target tersebut. Kami harapkan kedepannya bisa lebih berkolaborasi bersama untuk mengangkat pariwisata Indonesia," kata Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo.