Bupati Bangka: KKP Segera Tinjau Pendangkalan Muara Pelabuhan Nelayan
Bupati Bangka Mulkan (Aprionis) 

Bagikan:

BANGKA - Bupati Bangka Mulkan mengatakan, Kementerian Kelautan dan Perikanan segera meninjau pendangkalan muara pelabuhan nelayan di Sungailiat yang menghambat aktivitas keluar masuk kapal nelayan di daerah itu.

"Dalam minggu ini Dirjen di KKP akan melihat langsung kondisi pendangkalan pelabuhan kapal nelayan," kata Mulkan saat berkunjung ke Penjabat Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) di Pangkalpinang, Antara, Jumat, 12 Mei. 

Penjabat Gubernur Kepulauan Babel Suganda Pasaribu telah melakukan kunjungan dan melihat langsung kondisi alur Muara Sungai Jelitik Air Kantung Sungailiat merupakan pintu utama aktivitas keluar masuk bagi kapal nelayan Kabupaten Bangka.

"Pj Gubernur Kepulauan Babel sudah menyampaikan kepada Dirjen KKP dan dalam minggu ini, Dirjen KKP akan turun ke lapangan untuk melihat langsung dan memberikan solusi terhadap pendangkalan tersebut," ujarnya.

Menurut dia, normalisasi alur Muara Sungai Jelitik Air Kantung Sungailiat telah menjadi permasalahan dan hambatan terutama bagi nelayan untuk keluar masuk muara sungai saat melaut.

"Saat nelayan ingin melaut, airnya menjadi kecil karena pendangkalan, sehingga hal ini menjadi suatu agenda besar yang krusial dan harus segera diselesaikan," katanya.

Ia menambahkan dalam menangani masalah pendangkalan pelabuhan ini, Pemkab Bangka, Pemprov Kepulauan Babel dan Dirjen KKP akan bersinergi. 

"Mudah-mudahan dengan adanya kunjungan KKP nanti, masalah pendangkalan pelabuhan kapal nelayan segera teratasi dan nelayan tidak lagi kesulitan pergi melaut atau membongkar hasil tangkapan ikan di pelabuhan tersebut," katanya.