Bagikan:

JAKARTA - Bus Transjakarta terlibat kecelakaan dengan pengendara motor saat berada di jalur kendaraan umum di Jalan Matraman Raya, Jakarta Timur. Kejadian terjadi ketika bus Transjakarta berpindah jalur. Kejadian itu terekam kamera dashcam kendaraan mobil yang tengah melintas di lokasi. Posisi kendaraan perekam kejadian terjadi tepat di belakang bus Transjakarta.

Akibat kecelakaan itu, pengendara motor terjatuh setelah stang motornya disenggol oleh body Transjakarta dengan seenaknya memotong jalur jalan. Padahal, posisi bus Transjakarta berada di jalur kendaraan umum, buka di jalur resmi bus Transjakarta.

Berdasarkan rekaman video dashcam mobil, korban pengendara motor yang terjatuh juga tertimpa motor yang dikendarainya. Kejadian diketahui terjadi pada Selasa kemarin, 9 Mei.

Melihat pengendara motor terjatuh, pengendara lainnya langsung memberikan pertolongan kepada korban. Bahkan kejadian terjadi ketika kondisi lalu lintas dalam keadaan ramai.

"Kalo busway mau pindah jalur harusnya berhenti dulu jangan asal main potong. Saya khawatir kalau busway, mobil pribadi dan angkot kalau main asal potong di jalanan karena sangat membahayakan," kata Ridho, salah satu pengendara motor dan saksimata kejadian, Kamis, 11 Mei.

Meski korban sudah sempat melakukan pengereman saat melihat bus transjakarta yang berpindah lajur secara tiba - tiba, namun motor yang dikendarai korban tetap tersenggol body bus Transjakarta hingga akhirnya terjatuh.

Bahkan menurut Ridho, kejadian serupa juga sering ditemuinya di sejumlah ruas jalan di Jakarta. Bus Transjakarta yang hendak berpindah jalur sering menabrak kendaraan motor yang tengah melaju di jalur semestinya.

"Di jalan lain kalau busway mau pindah jalur biasanya main potong saja," sesalnya.

Sementara hingga berita ini ditulis, Humas Transjakarta belum memberikan keterangan resmi terkait insiden kecelakaan bus Transjakarta terhadap pengendara motor di kawasan Matraman, Jakarta Timur.