Profil Ridzki Kramadibrata, Dewan Komisaris Grab Indonesia yang Baru
Ilustrasi Grab Indonesia (Dok. Antara)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Profil Ridzki Kramadibrata mendapat perhatian. Pasalnya, ia diangkat sebagai anggota Dewan Komisaris Grab Indonesia. Jabatan tersebut diumumkan pada hari Senin, 8 Mei. Lalu, siapa ia sebenarnya?

Profil Ridzki Kramadibrata

Sosok Ridzki Kramadibrata ternyata bukan orang baru di perusahaan Grab. Ia mulai bergabung ke perusahaan tersebut sejak Januari 2016 yang membantu pengembangan wilayah operasional Grab Indonesia ke berbagai kota di Indonesia.

Dalam situs World Bank dikatakan bahwa Ridzki adalah alumni Universitas Padjadjaran dengan gelar sarjana Manajemen (1989 – 1994). Ia juga sempat menempuh pendidikan di State University of New York.

Ridzki memiliki pengalaman yang cukup panjang sebelum bergabung ke Grab. Bahkan ia disebut memiliki pengalaman lebih dari 20 tahun bekerja di perusahaan multinasional. Sebelum resmi bergabung dengan Grab, ia berkarier di industri telekomunikasi. Setidaknya ia membangun karier selama 5 tahun sebagai di Amerika Serikat. Ia dipercaya menduduki jabatan sebagai Wakil Presiden Eksekutif Pemasaran, Produk, dan CRM di Bakrie Telecom.

Tak sampai situ, Ridzki juga sempat membangun karier di bidang transportasi sebagai Chief Operating Officer AirAsia Indonesia hingga Regional Director AirAsia Group.

Di Grab sendiri ia sempat menjabat sebagai Managing Director Grab Indonesia pada Januari 2016 dan Desember 2018. Ia ditugaskan untuk mengawasi operasi bisnis, ekspansi, kemitraan strategis, hingga pengembangan merek demi memajukan merek dan layanan perusahaan di Indonesia.

Ridzki kemudian diangkat menjadi Presiden Grab Indonesia per Januari 2019. Di jabatan tersebut ia dipercaya untuk menangani hubungan dengan pemerintahan dan memimpin inisiatif serta membangun kemitraan dalam ranah keamanan dan dampak sosial.

Tak banyak informasi yang menjelaskan tentang sosok Ridzki Kramadibrata. Namun dalam Linkedin dikatakan bahwa ia pernah dinobatkan sebagai The Best Chief Marketing Officer 2010 dari SWA Magazine.

Seperti diketahui, Ridzki Kramadibrata diangkat sebagai anggota Dewan Komisaris Grab Indonesia. Terkait hal tersebut, Country Managing Director Grab Indonesia Neneng Goenadi dalam keterangan resmi menjelaskan bahwa Ridzki Kramadibrata akan menjabat sebagai komsiaris Grab Indonesia secara resmi per 1 Juli 2023.

“Ridzki bergabung dengan Grab di Januari 2016 dan mengembangkan wilayah operasional Grab Indonesia ke 100 kota,” tulis Neneng dalam keterangan resmi, Senin, 8 Mei.

Selama Pandemi Covid-19, Ridzki disebut memimpin program kemanusiaan Grab yang kala itu memberikan bantuan bagi masyarakat yang terdampak pandemi. Kala itu Ridzki juga menjalin kerja sama dengan Pemerintah Indonesia untuk membantu mendistribusikan vaksin Covid-19 kepada kelompok masyarakat rentan.

Ke depannya, Ridzki melalui jabatan baru akan memberikan nasihat yang berkaitan dengan kebijakan bisnis dan tata kelola Grab Indonesia.

Itulah informasi terkait profil Ridzki Kramadibrata. Untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, Anda bisa mengunjungi VOI.ID.