KRI Wahidin Disiagakan di Labuan Bajo untuk Mitigasi Masalah Kesehatan KTT ASEAN
Sejumlah prajurit TNI AL berbaris di dekat KRI dr Wahidin Sudirohusodo-991 pada Jumat 14 Januari 2022). (Antara-Didik Suhartono)

Bagikan:

JAKARTA - Menko Polhukam Mahfud MD mengatakan pemerintah menyiapkan Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) dr. Wahidin Sudirohusodo-911 di Labuan Bajo untuk mitigasi masalah kesehatan pada KTT ke-42 ASEAN.

“Mitigasi dan antisipasi kalau terjadi masalah dengan kesehatan yang memerlukan dokter, di KRI Wahidin ini tersedia seluruh peralatan canggih yang serba digital, dan 11 dokter spesialis,” kata Mahfud di depan awak media di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT), Senin 8 Mei, disitat Antara.

KTT ke-42 ASEAN akan berlangsung di Labuan Bajo mulai 9-11 Mei 2023, yang rencananya dihadiri sejumlah pemimpin negara ASEAN yang akan membahas isu-isu yang menjadi kepentingan bersama.

Dalam keketuaan ini, Indonesia mengangkat tema “ASEAN Matters: Epicentrum of Growth", yang mana para pejabat tinggi akan membahas rancangan Visi ASEAN Pasca-2025 menuju ASEAN 2045 yang akan diarahkan oleh para pemimpin ASEAN.

Sementara itu, KRI dr. Wahidin Sudirohusodo-911 merupakan kapal perang bertipe Kapal Bantu Rumah Sakit (KBRS) yang akan melakukan penanganan medis apabila ada peserta KTT atau personel pengamanan yang sakit.

Untuk tenaga medis, kapal milik Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Laut (AL) tersebut menyediakan 11 dokter spesialis, 28 tenaga perawat, dan satu analis laboratorium.

Untuk ruang perawatan, kapal menyediakan 156 tempat tidur ruang perawatan, tiga tempat tidur ICU, dan dua tempat tidur High Care Unit/HCU, empat Kamar operasi steril, dan satu kamar operasi non steril.

Kemudian, juga menyediakan satu Apotik dan Gudang Farmasi, satu Mobile Hyperbaric Chamber, dua Ambulans Boat, serta Klinik Rawat Jalan.

Keketuaan Indonesia di ASEAN 2023 dimulai sejak 1 Januari 2023, setelah sebelumnya menerima "tongkat estafet" kepemimpinan dari Kamboja, dengan serah terima secara simbolis dari Kamboja pada 13 November 2022.

Indonesia telah menjabat ketua sebanyak lima kali pada 1976, 1996, 2003, 2011, dan 2023.