Seperti G20, Moeldoko Ingin KTT ASEAN Juga Suskes dan Tersiar ke Dunia Luar
Dr. Moeldoko bersama Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) mengecek kesiapan infrastruktur telekomunikasi untuk KTT ke-42 ASEAN di PT Telkom Indonesia (Persero), di Labuan Bajo, Rabu 3 Mei.

Bagikan:

JAKARTA - Kepala Staf Kepresidenan Dr. Moeldoko bersama Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) mengecek kesiapan infrastruktur telekomunikasi untuk KTT ASEAN ke-42 di PT Telkom Indonesia (Persero), di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Rabu 3 Mei.

Pada kesempatan itu, Moeldoko menegaskan, infrastruktur telekomunikasi yang baik dan handal sangatlah penting dalam memastikan kesuksesan KTT ASEAN. Sebab, tanpa infrastruktur telekomunikasi yang memadai, informasi terkait KTT ASEAN tidak dapat disampaikan secara efektif dan cepat kepada masyarakat dan dunia.

Tersiar

“Kami tidak ingin kesuksesan KTT ASEAN hanya terdengar di kalangan tertentu saja. Kesuksesan KTT ASEAN harus sampai ke seluruh rakyat Indonesia dan masyarakat dunia,” tegas Moeldoko.

“Ini pengulangan dari G20. Harus lebih bagus. Pelayanan harus optimum. Harus dirinci dengan baik ancaman dan gangguannya apa, sehingga siap untuk segera dimitigasi,” tambahnya.

Panglima TNI 2013-2015 ini juga mengapresiasi PT Telkom Indonesia karena sudah bekerja keras dan maksimal dalam mempersiapkan infrastruktur telekomunikasi untuk KTT ke-42 ASEAN, di Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT, pada 9-11 Mei 2023.

“Teman-teman Telkom adalah kunci. Ini jantung dari kesuksesan KTT ASEAN. Kita pasti bisa lebih baik dari G20,” ujar Moeldoko.

Mengamini pernyataan Moeldoko, Menkominfo Johnny G Plate juga menilai, bahwa infrastruktur telekomunikasi yang memadai akan menjadi showcase Indonesia di KTT ASEAN. “Ini menjadi kesempatan untuk pamer ke dunia Internasional, bahwa pembangunan di Indonesia terutama sektor telekomunikasi sudah canggih,” tandas Johnny.

Sementara itu, Direktur Network dan IT Solution PT Telkom Indonesia Herlan Wijanarko menyampaikan, kesiapan infrastruktur telekomunikasi untuk KTT ke-42 ASEAN sudah 100 persen.

“Tinggal proses integrasi sedikit lagi bapak,” papar Herlan kepada Kepala Staf Kepresidenan Dr. Moeldoko dan Menkominfo Johnny G Plate.

Tak hanya kesiapan infrastruktur telekomunikasi. Menurut Herlan, pihaknya juga memastikan kualitas dan keamanan jalur komunikasi bagi para delegasi negara-negara ASEAN tidak akan mengalami kendala sehingga bisa menikmati pengalaman terbaik selama berada di Indonesia.

Mengutip siaran pers PT Telkom Indonesia, salah satu persiapan yang dilakukan TelkomGroup adalah meningkatkan kualitas dan kapasitas sejumlah Base Transceiver Station (BTS) di Labuan Bajo. TelkomGroup juga membantu pemeliharaan kualitas jaringan internet berbasis fiber optic (FO) di Labuan Bajo.

Selain itu, TelkomGroup menempatkan berbagai layanan untuk menunjang kebutuhan telekomunikasi peserta KTT ke-42 ASEAN sejak tiba di Bandara Komodo hingga lokasi acara puncak di Hotel Meruorah. Kehadiran berbagai layanan juga bisa ditemukan di area kegiatan para delegasi, tamu, dan media yang meliput KTT ASEAN 2023 yakni Hotel Ayana, Hotel Bintang Flores, Mice Golo Mori, Plataran, hingga Puncak Waringin.