Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Kerahkan Lebih dari 150 Petugas Kebersihan Usai May Day
Seorang petugas kebersihan Gelora Bung Karno menyapu sampah di Istora Senayan, Jakarta. (foto: dok. antara)

Bagikan:

JAKARTA -Kepala Dinas Lingkungan Hidup Asep Kuswanto dalam keterangan tertulis di Jakarta, mengatakan bahwa ia telah menugaskan setiap Suku Dinas Lingkungan Hidup Kota Administrasi untuk memastikan penanganan sampah di lokasi aksi buruh di wilayahnya masing-masing.

Asep memaparkan, aksi buruh terkonsentrasi di Jalan Medan Merdeka Utara dan sekitarnya.

Oleh karena itu, pihaknya mengerahkan 150 petugas kebersihan, 10 mobil penyapu jalan otomatis (street sweeper)​, 10 truk sampah jenis truk jungkit (dump truck) dan lima mobil penjemput barang lintas.

Dinas Lingkungan Hidup Pemprov DKI Jakarta memastikan Ibu Kota akan tetap bersih usai peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day.

Sementara itu, pengelola Gelora Bung Karno mengerahkan sebanyak 15 petugas untuk membersihkan Istora Senayan, Jakarta Pusat usai aksi massa pada Hari Buruh Internasional atau "May Day" 2023.

"Kami mengerahkan sebanyak 15 petugas kebersihan untuk membersihkan sampah di kawasan Istora Senayan," kata salah satu petugas kebersihan, Samsul Bahri, kepada Antara, di Jakarta, Senin, 1 Mei.

Samsul memperkirakan nantinya sampah yang terkumpul bisa mencapai 30 kantong yang bisa mencapai dua kilogram (kg) sampah per kantong.

Ia memperkirakan, dari aksi itu bisa terkumpul 60 kg lebih sampah, namun tergantung pada jenisnya mulai dari plastik, dedaunan, botol, hingga kardus.

Nantinya sampah yang sudah dikumpulkan sampai malam hari nanti akan dibawa ke tempat pembuangan sementara (TPS) kemudian akan ditimbang beratnya.

"Kalau untuk setiap hari biasanya cuma rata-rata sampai 10 kantong sampah. Untuk kegiatan besar ini bisa mencapai 30 kantong lebih," katanya. 

Menurut Samsul, kebanyakan sampah dikumpulkan pihaknya yakni bungkus plastik bekas makanan maupun minuman yang dibuang sembarangan.

Samsul juga mengimbau kepada masyarakat untuk bisa menjaga kebersihan dengan membuang sampah pada tempatnya ataupun menyimpan sementara sampahnya di tas sebelum menemukan tong sampah.

"Sejak selesainya May Day sekitar pukul 16.00 WIB tadi, kami sudah terjun membersihkan kawasan sampai malam hari nanti," katanya.