Pantun Hasto Kristiyanto untuk Rombongan PPP: Semangka Berkulit Hijau Isinya Merah, Rasanya Manis Bikin Semua Cerah
Pertemuan PDIP dan PPP untuk pemenangan Ganjar Pranowo sebagai Presiden RI di Jakarta, Minggu 30 April 2023. (VOI/Rizky Sulistio)

Bagikan:

JAKARTA - Sekjen PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto membacakan pantun di hadapan rombongan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang datang ke Kantor DPP PDIP, Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu, 30 April.

Kunjungan ini berkaitan dengan dukungan ke Ganjar Pranowo di Pilpres 2024. Mengawali pantunnya, Hasto menyinggung soal semangka berkulit hijau yang isinya merah. Diharapkan kerja sama yang akan terjadi bisa membawa berkah.

"Buah semangka hijau isinya merah, rasanya manis bikin semua cerah. Kerja sama kedua partai ini membawa amanah, bagi Indonesia maju dan rakyat menuai berkah," kata Hasto dalam pertemuan itu.

Pembahasan kerja sama dua partai ini selanjutnya dilakukan secara tertutup. Namun, Hasto sempat bilang pertemuan PDIP-PPP untuk membahas kerja sama memenangkan Gubernur Jawa Tengah tersebut.

Adapun dalam pertemuan itu, hadir Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Plt Ketua Umum PPP M. Mardiono. Kemudian hadir juga Ganjar Pranowo yang tampak menggunakan peci hitam serta seragam partai berwarna merah.

Sebelumnya, Plt Ketua Umum PPP Muhamad Mardiono mengatakan keterpilihan Ganjar sebagai bacapres PPP telah melalui musyawarah dan kajian mendalam sebagai hasil dari rapat pimpinan nasional (Rapimnas) V DPP PPP yang digelar pada 23-25 April 2023 di Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Ada beberapa alasan yang membuat partai ini memilih sosok rambut putih itu.

Pertama, PPP ingin melanjutkan dukungan politik kepada Ganjar Pranowo dalam pencalonan presiden RI untuk melanjutkan estafet kepemimpinan periode 2024-2029. Dukungan serupa pernah diberikan PPP yakni dukungan politik pada Pilkada Jawa Tengah 2018.

Kedua, PPP ingin menitipkan politik amar maruf nahi Munkar kepada Ganjar untuk diimplementasikan dalam tatanan politik pemerintahan di masa mendatang. Ketiga, PPP menilai kapasitas, integritas, dan acceptabilitas Ganjar sangat layak untuk menduduki jabatan sebagai pemimpin bangsa. 

Keempat, secara historis Ganjar Pranowo merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dengan PPP karena mertuanya, Alm H. Ahmad Mushadiq Supriyadi pernah menjabat sebagai ketua DPC PPP Purbalingga selama 4 periode. 

"Berdasarkan mandat Rapimnas ke-V maka DPP PPP akan berusaha maksimal melakukan komunikasi dan langkah politik untuk mendorong kader PPP dapat dipasangkan sebagai Wakil Presiden RI mendampingi Bapak Ganjar Pranowo," ungkap Mardiono.