Ukraina Siapkan Serangan Balasan Terhadap Rusia, NATO Rampungkan Pengiriman Ribuan Lapis Baja: Kyiv Bakal punya Sembilan Brigade Baru
Ilustrasi bantuan senjata dari negara Barat tiba di Ukraina. (Twitter/@oleksiireznikov)

Bagikan:

JAKARTA - Sekutu Barat hampir merampungkan pengiriman kendaraan tempur yang dijanjikan untuk Ukraina, termasuk melanjutkan pelatihan penggunaannya di sejumlah wilayah, saat persiapan serangan balasan terhadap Rusia hampir selesai.

Ukraina sedang menyelesaikan persiapan untuk melakukan serangan balasan terhadap pasukan Rusia dan sebagian besar sudah siap untuk melakukannya, kata Menteri Pertahanan Oleksii Reznikov Hari Jumat.

"Segera setelah ada kehendak Tuhan, cuaca dan keputusan dari para komandan, kami akan melakukannya," katanya dalam sebuah konferensi pers online, melansir Reuters 28 April.

Terkait itu, Sekjen NATO sebelumnya mengatakan, sekutu dan mitra NATO telah mengirimkan hampir semua kendaraan tempur yang dijanjikan kepada Ukraina.

"Lebih dari 98 persen kendaraan tempur yang dijanjikan kepada Ukraina telah dikirimkan. Itu berarti lebih dari 1.550 kendaraan lapis baja, 230 tank, dan peralatan lainnya, termasuk amunisi dalam jumlah besar," katanya kepada para wartawan di markas besar NATO di Brussels, Belgia.

"Secara total, kami telah melatih dan melengkapi lebih dari sembilan brigade lapis baja Ukraina yang baru. Hal ini akan menempatkan Ukraina pada posisi yang kuat untuk terus merebut kembali wilayah-wilayah yang telah diduduki," sambung Stoltenberg.

Reznikov mengatakan, Ukraina telah menerima banyak peralatan modern, termasuk senjata yang akan berfungsi sebagai "tangan besi", sementara pelatihan beberapa peralatan Barat terus berlanjut.

Sebelumnya, ribuan tentara Ukraina telah berlatih di sejumlah negara Barat untuk menggunakan berbagai aset militer di medan perang dengan cara gabungan.