Arus Balik Lebaran, Menko PMK Minta Pemudik Istirahat kalau Tidak Fit
Menko PMK Muhadjir Effendy (ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengingatkan pemudik yang pulang dari kampung halaman ke perantauan menjaga kondisi tubuh.

Mereka diminta tak memaksakan diri melanjutkan perjalanan dan tetap mematuhi protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran COVID-19.

"Sesuai dengan himbauan Bapak Presiden kepada para pemudik yang akan kembali ke tanah rantauan nya, tetap patuhi protokol-protokol kesehatan, jika merasa badan tidak fit segera lah beristirahat sebelum melanjutkan kembali perjalanannya," kata Muhadjir dalam keterangan tertulisnya, Rabu, 26 April.

Pemerintah dipastikan akan terus memantau arus balik pemudik, seperti yang dilakukan Muhadjir di Pelabuhan Panjang, Bandar Lampung pada Selasa, 25 April kemarin. Tujuannya, untuk memastikan pemudik yang akan kembali nyaman dalam melakukan perjalanan.

"Saya lihat Pelabuhan Panjang siap untuk menerima arus balik, baik itu dari kapalnya, pelabuhannya, maupun personilnya. Hal ini dilakukan agar pelayanan yang diberikan kepada pengendara jauh lebih baik dibandingkan pada arus mudik," tegasnya.

Muhadjir menjelaskan pada masa arus balik ini, khusus truk angkutan yang naik dari Pelabuhan Panjang akan diturunkan ke Pelabuhan Indah Kiat. Sedangkan di Pelabuhan Bakauheni, Bandar Lampung akan bagi kendaraan tertentu.

"Untuk mengurangi beban pelabuhan Bakauheni maka nanti pelabuhan ini hanya dikhususkan untuk kendaraan roda empat pribadi dan juga dimungkinkan sebagian kendaraan bermotor sehingga arus balik ini dapat berjalan lancar," ujar mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) itu.

Kemudian, Muhadjir bilang terdapat penyesuaian kebijakan dalam arus balik saat ini yakni pengangkutan kendaraan roda dua maupun roda empat dapat dilakukan secara fleksibel. Sebab, waktu arus balik yang cukup panjang sehingga kepadatan yang terjadi tidak signifikan seperti saat arus mudik kemarin.

"Jadi saat arus balik ini setelah mengangkut penumpang dari Bakauheni nanti turun ke Merak, tidak menunggu penumpang naik dari Pelabuhan Merak tetapi langsung kembali menuju Pelabuhan Bakauheni sehingga tidak ada penantian kapal yang terlalu lama," ujarnya.

Dalam kunjungan ini, Muhadjir didampingi Kepala BNPB Suharyanto dan Kepala BMKG Dwikorita Karnawati. Hadir juga Direktur Utama PT ASDP Ira Puspadewi, Direktur Komersial PT ASDP Yusuf Hadi, Kepala Badan Pemeliharaan dan Keamanan Polri Fadil Imran, Kapolda Lampung Helmy Santika, Komandan Resort Militer 043/Garuda Hitam Ruslan Efendy, Komandan Distrik Militer 0410 Fajar, Kapolres Lampung Selatan Edwin.