Petugas Medis PMI Tangani Empat Korban Tenggelam di Curug Larangan, Sukabumi
Petugas medis PMI sedang menangani salah seorang wisatawan yang tenggelam di Curug Larangan, Sukabumi, Senin (24/4). (Antara/Aditya Rohman)

Bagikan:

JAKARTA - Personel Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Sukabumi membantu menangani dan memberikan pertolongan pertama kepada empat wisatawan yang tenggelam di Curug Larangan, Kampung Cisaar, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat pada Senin (24/4).

"Tidak ada korban jiwa pada peristiwa yang terjadi di objek wisata air terjun yang berada di Desa Girimukti, Kecamatan Ciemas ini," kata Ketua PMI Kabupaten Sukabumi Hondo Suwito di Sukabumi dikutip Antara, Senin.

Hondo menambahkan keempat korban tersebut diketahui bernama Fauzan (19), Dafa (20) dan Wahyu Perdana warga Sukamajubaru, Kelurahan/Kecamatan Tapos, Kota Depok, Jabar, serta satu korban lainnya Aldis (20)warga Kampung Cibarengkok, Desa/Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi.

Informasi yang dihimpun dari personel PMI, kejadian ini berawal saat tiga wisatawan asal Depok tersebut berenang dan sambil foto-foto di sekitar air terjun Curug Larangan tersebut. Namun salah satu dari mereka yakni Fauzan tubuhnya terbawa hanyut dan tenggelam.

Kedua rekannya yakni Dafa dan Wahyu yang melihat kejadian itu mencoba menolong tetapi malah ikut tenggelam. Melihat adanya yang tenggelam wisatawan lokal yang kebetulan tengah berwisata di Curug itu yakni Aldis langsung membantu ketiga wisatawan asal Depok dan berhasil menyelematkannya.

Diduga karena kelelahan, Aldis tiba-tiba pingsan dan langsung mendapatkan pertolongan pertama oleh personel PMI yang tengah bersiaga tidak jauh dari lokasi kejadian. Untuk Fauzan kondisinya sehat, sementara tiga korban lainnya Dafa, Wahyu dan Aldis harus dilarikan ke RSUD Palabuhanratu karena kondisinya yang lemah.

"Seluruh korban selamat, hanya saja tiga diantaranya harus kami evakuasi dengan ambulans PMI Kabupaten Sukabumi ke rumah sakit karena membutuhkan penanganan medis," tambah Hondo.