Listyo Sigit Jadi Calon Tunggal Kapolri, Tito: Beliau Sangat Tegas dan Sangat Siap
Mendagri Tito Karnavian (ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian angkat bicara soal terpilihnya Kabareskrim Polri Komjen Listyo Sigit sebagai calon tunggal Kapolri menggantikan Idham Azis. Kata dia, Listyo adalah sosok yang tegas sehingga dia dinilai sudah siap menjadi orang nomor satu di Korps Bhayangkara.

"Pak Sigit sangat tegas, beliau sangat tegas. Sehingga, saya berpandangan Pak Sigit sudah sangat siap jadi Kapolri. dan saya doakan semoga prosesnya lancar, dan saya doakan bisa mengemban amanah ini dengan baik," kata Tito di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Senin, 18 Januari.

Sebagai mantan Kapolri periode 2016 hingga 2019, Tito mengaku begitu mengenal Listyo. Sebab, mantan anak buahnya itu pernah menduduki dua jabatan strategis yaitu Kapolda Banten dan Kadiv Propam Mabes Polri.

Lebih lanjut, Tito menyebut saat menduduki dua jabatan itu, Listyo tak pernah mengecewakannya dan memiliki rekam jejak yang baik. Tak sampai di situ, Tito juga menyampaikan pujiannya bagi kinerja Listyo saat menjadi Kabareskrim.

Sehingga, berkaca dari prestasinya selama menjabat, Tito menilai, usia Listyo yang tergolong muda tak akan mempengaruhi kinerjanya jika nantinya dia duduk menggantikan Idham Azis.

"Semua kita menyaksikan bagaimana kinerja beliau, sehingga saya merasa bahwa Pak Sigit meskipun berusia muda tapi matang. Sudah cukup matang di pengalaman di kewilayahan, di teritorial, pengalaman di staff yang cukup lama, dan juga pengalaman di bidang serse, Kabareskrim. Jabatan yang sangat strategis di Polri," kata Tito.

"Saya ucapkan selamat pada Pak Sigit yang dipilih menjadi calon tunggal Kapolri," imbuhnya.

Diberitakan sebelumnya, Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) menerima Surat Presiden tentang nama calon Kepala Kepolisian Republik Indonesia.

Surpres bernomor: R-02/Pres/01/2021 tersebut disampaikan Menteri Sekretaris Negara Pratikno kepada Ketua DPR RI Puan Maharani, di Gedung Parlemen, Jakarta, Rabu, 13 Januari.

“Pada hari ini, Presiden Joko Widodo telah menyampaikan usulan Pejabat Kapolri kepada DPR RI, atas nama Komjen Listyo Sigit Prabowo, untuk mendapatkan persetujuan DPR,” kata Puan dalam pernyataan resminya beberapa waktu lalu.

Sejak awal nama Listyo memang masuk ke dalam bursa calon Kapolri. Menurut Menko Polhukam sekaligus Ketua Kompolnas, nama Listyo disodorkan kepada Presiden Jokowi dengan nama lainnya.

"Ini lima Komjen yang diajukan kepada Presiden oleh Kompolnas untuk dipilih sebagai calon Kapolri. Gatot Edy Pramono, Boy Rafli Amar, Listyo Sigit Prabowo, Arief Sulistyanto, Agus Andrianto," ucap Mahfud dikutip dari akun twitternya, Jumat, 8 Januari.

Nama ini disodorkan ke Presiden Jokowi karena mereka dianggap berkompeten selama menjabat. "Kelima orang itu dianggap memenuhi syarat profesionalitas, loyalitas, jam terbang," ungkapnya.