Gempa Magnitudo 4,2 Terjadi di Mamuju Sulbar
Ilustrasi/BMKG

Bagikan:

JAKARTA - Gempa bumi magnitudo 4,2 terjadi di Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar). Gempa berkedalaman 10 km.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melansir gempa berlokasi 2.92 LS-118.99 BT. Pusat gempa berada di darat 16 km timur laut Majene.

Gempa magnitudo 4,2 di Mamuju Sulbar ini terjadi pukul 11.11 WIB. Getaran gempa dirasakan dengan skala MMI II di Mamuju.

Sebelumnya, Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati mengatakan, energi gempa di wilayah Sulawesi Barat (Sulbar) masih tersisa. Artinya, masih ada kemungkinan potensi gempa susulan.

Potensi gempa susulan ini diperhitungkan bisa sekuat 6,2 magnitudo seperti yang terjadi di Kabupaten Majene beberapa waktu lalu.

"Energi gempa saat ini diperhitungkan masih tersisa, belum keluar semua. Nah, ini dalam perhitungan itu sifatnya estimasi, ini diperhitungkan diprakirakan kurang lebih bisa mencapai sekuat yang kemarin," tuturnya, saat dihubungi wartawan, Minggu, 17 Januari.

Namun, Dwikorita menyebut hal itu masih bersifat potensi atau tidak dapat dipastikan 100 persen akan terjadi. Terlebih, katanya, gempa sulit untuk dipastikan.