Bersama Menhub Budi Karya, Kapolri Sigit Cek Roda, Mesin dan Ruang Kokpit Pesawat Angkutan Mudik
Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengecek kondisi pesawat pengangkat pemudik di Bandar Soekarno-Hatta/ANTARA

Bagikan:

JAKARTA - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melakukan pengecekan kondisi pesawat terbang hingga jalur bagasi di Bandara Soekarno-Hatta, Tanggerang, hari ini.

Keduanya ingin memastikan keamanan, keselamatan dan kenyamanan masyarakat yang bakal mudik menggunakan transportasi udara. Pengecekan ini dilakukan karena terkait kerentanan yang sering terjadi dengan adanya peningkatan penerbangan domestik maupun internasional. Tercatat, ada 168 ribu penumpang yang berangkat dari Bandara Soekarno-Hatta.

"Semua harus dijaga keamanan dan keselamatannya serta tentunya proses ramp check menjadi sangat penting," kata Sigit dalam keterangannya di Jakarta, Antara, Rabu, 19 April. 

Dalam peninjauan tersebut, mantan Kabareskrim Polri itu mengecek salah satu pesawat Boeing 737. Pengecekan mulai dari roda, mesin hingga ruang kokpit pesawat yang digunakan sebagai angkutan mudik.

Pengecekan dilakukan guna memastikan kelaikan terbang, demi memastikan keselamatan, keamanan dan kenyamanan masyarakat yang mudik.

"Kegiatan dalam rangka memastikan keamanan dan kesiapan pesawat, salah satunya yang diuji coba tadi adalah Boeing 737 mulai dari roda, apakah ada masalah dan kebocoran. Kemudian kami sempat lihat ruang kokpit itu ada indikator-indikator yang setiap saat harus siap dioperasionalkan dan selalu dicek," papar Sigit.

Setelah pesawat, pengecekan dilanjutkan di jalur bagasi yang membawa barang-barang milik para pemudik.

Guna mengamankan lonjakan penumpang di Bandara Soekarno-Hatta, mantan Kapolda Banten itu, mengatakan pihaknya sudah mendirikan pos terpadu, dimana di dalamnya ada TNI, Polri, Kemenhub dan pemangku kepentingan terkait lainnya yang bertugas menjaga keamanan, dan ketertiban di bandar.

"Kami sudah membagi tugas masing-masing, ini sinergitas dalam rangka melaksanakan rangkaian kegiatan. Di dalamnya memberikan pelayanan pemudik baik nanti melalui udara, laut dan darat," ujar Sigit.

Sebelumnya, Rabu pagi, Kapolri bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengecek kesiapan arus mudik di Pelabuhan Gilimanuk, Pelabuhan Ketapang dan Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya.

Selanjutnya pengecekan kesiapan pelayanan dan pengamanan mudik Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah/2023 dilanjutkan ke Bandara Soekarno-Hatta, dan ke Stasiun Pasar Senen, Jakarta.