Posko Mudik Harus Penuhi Kebutuhan Masyarakat, Puan Ingatkan Pentingnya Fasilitas Lengkap
Situasi arus mudik Lebaran di Jalur Nagreg, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. (ANTARA/Bagus Ahmad Rizaldi)

Bagikan:

JAKARTA - Ketua DPR Puan Maharani mengingatkan layanan posko mudik harus bisa memenuhi kebutuhan pemudik. Fasilitas memadai hingga petugas keamanan dan kesehatan harus disediakan.

"Untuk posko-posko mudik yang dibuat oleh pemerintah atau swasta saya minta untuk mengedepankan pelayanan terbaik kepada masyarakat dan menyediakan fasilitas yang lengkap," kata Puan dalam keterangan tertulisnya, Rabu, 19 April.

"Karena banyak pemudik yang lelah selama perjalanan dan ingin beristirahat," sambungnya.

Puan bilang fasilitas yang harus ada yaitu tempat istirahat yang layak, toilet, dan tempat untuk salat. Selain itu, bagi posko mudik yang ada di titik jalur darat harusnya menyiapkan fasilitas perawatan kendaraan.

Sehingga, pemudik yang berhenti bisa sekaligus mengecek kendaraan dan memperbaiki jika terjadi kendala. "Ini untuk meminimalisir adanya kendaraan mogok saat perjalanan mudik yang menggunakan jalur darat," tegasnya.

Puan juga meminta kepolisian untuk menempatkan personel di posko mudik. "Tujuannya untuk memberikan rasa aman bagi pemudik yang hendak beristirahat," ujar Ketua DPP PDIP tersebut.

Puan meminta posko mudik juga harus menyediakan tenaga kesehatan. Jika ada pemudik yang sakit mereka bisa langsung ditangani dan dibawa ke rumah sakit semisal kondisinya mendesak.

Selain itu, Puan juga ingin instansi yang terlibat dalam kegiatan mudik lebaran terus melakukan evaluasi. Tiap permasalahan yang muncul diharap bisa segera diatasi agar masyarakat bisa kembali ke kampung halaman tanpa mengalami kendala.

"Kita ingin masyarakat dapat merayakan momen hari raya bersama keluarga di kampung halaman tanpa ada kendala. Untuk itu dibutuhkan kerja sama dan gotong royong dari semua pihak," pungkasnya.