Bagikan:

TANGERANG - Polres Metro Tangerang Kota bakal menerapkan sistem buka tutup di rest area Tol Tangerang-Merak KM 13,5 untuk mencegah terjadinya penumpukan kendaraan yang mengakibatkan kemcetan parah.

“Apabila terjadi kemacetan sepanjang 1 kilometer dari pintu masuk rest area, akan kita tutup,” kata Kapolres Metro Tangerang Kota, Kombes Zain Dwi Nugroho kepada wartawan di lokasi, Selasa, 18 April.

Zain juga mengimbau kepada pemilik kendaraan yang akan mudik, untuk menghindari memarkirkan kendaraan dibahu jalan. Agar tidak bedampak kemacetan.

“Kemudian kita pun akan mengimbau bagi pengendara untuk tidak parkir di bahu jalan secara persuasif dan humanis,” ucapnya.

Dalam kesempatannya, Zain menuturkan saat ini terjadi peningkatan pergerakan kendaraan pemudik yang masuk di rest area pertama menuju Merak, di KM 13,5 Tol Tangerang-Merak. Tercatat ada 14 ribu kendaraan yang melintas tol Tangerang-Merak tersebut.

"Sudah mulai terjadi peningkatan kendaraan yang melintas, satu hari sudah 14 ribu, terjadi kenaikan dibandingkan hari sebelumnya," katanya.

Oleh sebab itu pihaknya menyiapkan fasilitas untuk pengendara yang menjalani mudik pada Lebaran 2023 ini. Seperti, lanjutnya, tempat istirahat, pemeriksaan kesehatan kepada pemudik yang bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota Tangerang dan PMI.

"Kami juga ada pos perbaikan servis telah kita siapkan, kerjasama dengan dealer untuk perbaikan kendaraan yang alami kerusakan atau gangguan saat melakukan mudik," tutupnya