Polisi Minta Warga Tak Lakukan Konvoi Takbir Keliling di Kawasan Jakpus
Bundaran HI, kawasan yang sering dijadikan jalur konvoi keliling pada malam takbiran/ Foto; Bitor Ekin Putra

Bagikan:

JAKARTA - Polres Metro Jakarta Pusat menyerukan larangan kepada masyarakat melakukan takbir keliling pada saat malam takbiran mendatang. Sebab, kegiatan takbir keliling dikhawatirkan menimbulkan terjadinya kecelakaan lalu lintas, kemacetan dan lainnya.

"Kita mengimbau masyarakat yang akan melaksanakan takbir silahkan melaksanakan takbir di masjid-masjid kampung tempat tinggalnya masing-masing. Tidak perlu takbir keliling," kata Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Komarudin kepada VOI, Senin, 17 April.

Polres Metro Jakarta Pusat juga akan membuat strategi pengamanan khusus malam takbiran mendatang. Pengamanan dilakukan sebagai antisipasi euforia dari kegembiraan umat muslim yang merayakan kemenangan karena telah menyelesaikan ibadah puasa 1 bulan penuh.

"Silahkan melaksanakan takbir di masjid-masjid kampungnya tanpa harus melakukan takbir keliling," tegasnya lagi.

Sementara terkait rencana penyekatan dan pengalihan arus lalu lintas di wilayah perbatasan Jakarta Pusat, Kombes Komarudin mengaku belum melakukan pengkajian khusus.

"Nanti akan kita kaji, nanti akan kita diskusikan dengan pak Dirlantas. Ruas mana yang akan dilakukan rekayasa pengalihan atau penutupan untuk mengantisipasi jangan sampai ada akses keluar masuk kendaraan yang bisa terjadi kepadatan," katanya.