Material Longsor Bukit Bulangan di Pamekasan Dibersihkan dari Jalan
Jalan Provinsi penghubung Kota Pamekasan dengan Kecamatan Waru longsor akibat hujan deras disertai angin kencang. (Abd. Aziz)

Bagikan:

PAMEKASAN - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pamekasan membersihkan material longsoran Bukit Bulangan di jalur mudik provinsi penghubung antara Kota Pamekasan menuju Kecamatan Waru, akibat hujan deras disertai angin kencang dan petir dalam dua hari terakhir ini.

Menurut Koordinator Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Pemkab Pamekasan Budi Cahyono, longsor di Bukit Bulangan menutup hampir separuh jalan raya, sehingga jalur lalu lintas dari arah Pasean menuju Kota Pamekasan dan sebaliknya terganggu.

"Tapi saat ini, arus lalu lintas sudah normal kembali, karena material longsoran bukit yang sebelumnya menutup sebagian badan jalan sudah kami bersihkan," kata Budi dilansir ANTARA, Selasa, 18 April.

Dalam dua hari terakhir ini cuaca buruk berupa hujan deras disertai angin kencang dan petir melanda wilayah Pamekasan.

Selain menyebabkan longsor, cuaca buruk yang melanda Pamekasan itu juga menyebabkan sebagian daerah banjir.

"Karena itu, khusus di lokasi longsor ini, kami langsung bergerak cepat agar gangguan lalu lintas, terutama bagi warga yang melakukan mudik Lebaran tidak terganggu," katanya.

Budi yang juga Ketua Forum Relawan Penanggulangan Bencana (FRPB) Pamekasan ini menjelaskan berdasarkan prakiraan, cuaca buruk masih berpotensi terjadi dalam dua hari ke depan, sehingga ia mengimbau agar masyarakat yang tinggal di daerah rawan bencana bisa meningkatkan kewaspadaan.