BMKG Perkirakan Jakarta, Banten hingga Sulsel Diguyur Hujan Hari Ini
Seorang warga menggunakan payung menerobos lebatnya hujan di kawasan Kotabaru, Yogyakarta. (ANTARA-Noveradika)

Bagikan:

JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengingatkan masyarakat mewaspadai potensi hujan lebat di sebagian wilayah di Indonesia pada Minggu 16 April.

Dalam sistem peringatan dini cuaca pada Minggu 16 April, BMKG memprakirakan hujan disertai petir dan angin kencang berpotensi terjadi di Bali, Bangka Belitung, Banten, Bengkulu, DKI Jakarta.

Kemudian, Gorontalo, Jambi, Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Lampung, Maluku.

Lalu, berdasarkan laporan Antara potensi hujan lebat hari ini juga melanda Nusa Tenggara Timur, Papua, Papua Barat, Riau, Sulawesi Selatan (Sulsel), Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Sumatra Barat, Sumatra Selatan, dan Sumatra Utara.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati dalam rapat terbatas dengan Kemenhub mengatakan, perlu diperhatikan terkait kondisi cuaca dan tinggi gelombang di wilayah perairan sekitar Pelabuhan Merak-Bakauheuni.

Menurutnya, BMKG akan memberikan dukungan melalui peralatan operasional utama BMKG meliputi radar cuaca, peralatan pengamatan cuaca, dan pemodelan cuaca agar dapat mengetahui adanya potensi cuaca buruk dan potensi gelombang tinggi.

"Sehingga data dan informasi BMKG dapat dimanfaatkan untuk pihak terkait dalam hal ini ASDP dan Kemenhub untuk mengatur loading kendaraan dan pengambilan keputusan pimpinan stakeholder," kata Dwikorita.