Mulai Besok, KRL Tujuan Jakarta Kota hanya Sampai Stasiun Manggarai
Stasiun Manggarai (Irfan Meidianto/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Mulai besok, pengguna KRL Commuter Line tak bisa melakukan perjalanan ke Stasiun Cikini, Gondangdia, Juanda, Sawah Besar, Mangga Besar, Jayakarta, dan Stasiun akhir Jakarta Kota. 

Pasalnya, PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 1 Jakarta akan melakukan revitalisasi prasarana perkeretaapian wesel di Stasiun Gambir dan Stasiun Jakarta Kota selama sebelas hari yaitu pada 13 - 23 Februari 2020.

Sehubungan dengan kegiatan peningkatan prasarana perkeretaapian tersebut, maka seluruh rute yang menuju stasiun akhir Jakarta Kota hanya berhenti di Stasiun Manggarai, Jakarta Selatan. 

"PT KCI memohon maaf atas ketidanyamanan yang timbul karena rekayasa pola operasi ini. Namun rekayasa pola operasi perlu dilakukan untuk menjamin keselamatan dan mengantisipasi kepadatan antrian KRL di lintas Stasiun Cikini – Stasiun Jakarta Kota selama pekerjaan berlangsung,” kata VP Corporate

Communications PT KCI Anne Purba dalam keterangan yang diterima VOI, Rabu, 12 Februari. 

Dari total 281 perjalanan KRL Depok-Bogor dan Cikarang-Bekasi dengan tujuan Jakarta Kota maupun sebaliknya, terdapat 45 perjalanan yang akan mengalami rekayasa pola operasi dan satu KA dibatalkan. 

Selain lintas Depok-Bogor-Jakarta Kota dan Bekasi-Cikarang-Jakarta Kota, operasional perjalanan KRL di lintas lainnya akan tetap berlangsung normal sebagaimana biasanya. Untuk meredam kebingungan para pengguna KRL yng akan meneruskan perjalanan, Transjakarta menyediakan 20 armada tambahan yang berangkat dari Stasiun Manggarai. 

Penumpang di Stasiun Manggarai (Irvan Meidianto/VOI)

Humas PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) Nadia Diposanjoyo mengatakan, penambahan jumlah armada ini akan diberlakukan pada jam sibuk. Sementara, masa tunggu kedatangan menjangkau frekuensi 5 menit sekali. 

"TransJakarta memiliki sebanyak 8 (delapan) rute khusus yang melintas di Stasiun Manggarai dan rute lain yang dapat digunakan untuk meneruskan perjalanan, di samping penambahan armada yang bisa dimanfaatkan pelanggan untuk melanjutkan perjalanan," katanya. 

Lebih lanjut, untuk mengantisipasi penumpukan KRL, TransJakarta menambah 20 unit armada dari stasiun Manggarai dan rute perbatasan seperti bekasi timur. Penambahan bus mulai pukul 06:00- 09:00 WIB dan Pukul 17:00 - 20:00 WIB selama 10 hari ke depan. 

"Evaluasi akan kami lakukan setiap hari apabila diperlukan pola operasi berbeda tentunya akan kami berlakukan sesuai dengan ritme pelanggan yang ada di setiap stasiun selama masa perawatan berlangsung hingga selesai,” ungkap Nadia.